Kamis 16 Januari 2020, 14:03 WIB

Takut Kehilangan Rp297 T, Khofifah Datangi Kepala Bappenas

Faishol Taselan | Nusantara
Takut Kehilangan Rp297 T, Khofifah Datangi Kepala Bappenas

Istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

 

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa roadshow ke kementerian dan lembaga di pusat,dengan mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jawa Timur selama tiga hari. Dalam roadshow ini, Khofifah melakukan pertemuan dengan sejumlah kementerian dan lembaga. Agenda di Jakarta itu keinginan Khofifah untuk memastikan bahwa 218 proyek yang akan masuk dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) akan disahkan pada 20 Januari mendatang. Nilai megaproyek itu Rp297 triliun.

"Sebanyak 218 proyek yang tercantum dalam Perpres 80/2019, hari ini terkonfirmasi semuanya masuk dalam RPJMN 2020. Secara keseluruhan semua sudah klop, namun dalam diskusi tadi ada pengembangan-pegambangan. Contohnya seperti pembangunan Pelabuhan Probolinggo,” kata Gubernur Jatim Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu (15/1).

Tahap awal Khofifah bertemu dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dalam lawatannya tersebut, Gubernur Khofifah didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, dan Ketua DPRD Jawa Timur serta Sekda Prov dan beberapa OPD membawa misi terkait pelaksanaan Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Perekonomian Jawa Timur kepada beberapa Kementerian kordinator dan kementerian teknis lainnya.

Kementerian Bappenas menurut Gubernur Khofifah sebagai pintu masuk semua perencanaan pembangunan nasional, sehingga kunjungan ke Bappenas menjadi pembuka jalan untuk kunjungan ke Kementerian lainnya.

"Jika sudah masuk ke dalam RPJMN maka sudah mengalir ke seluruh Kementerian," jelas Gubernur Khofifah.

Tidak hanya sampai di situ. Khofifah juga menjelaskan jika tahap selanjutnya adalah memastikan bahwa 218 proyek tersebut juga akan masuk pada RKP tahun 2021.

Khofifah berjanji akan terus memaksimalkan realisasi Perpres 80/2019 ini sebagai pintu masuk percepatan pembangunan ekonomi, pengurangan kemiskinan, bahkan percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur harus bisa menyatu. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang bagaimana suatu proyek harus bisa memiliki dampak langsung ke masyarakat.

Kedepannya setelah roadshow Kementrian selesai, Gubernur beserta jajarannya akan langsung turun ke lima Bakorwil di Jatim untuk kemudian dilanjutkan pertemuan dengan para investor.

baca juga: Kader Nasdem Dolvianus Kolo Gandeng Agustinus di Pilkada TTU

Demi mendukung sistem kerja yang dituntut paralel tersebut, orang nomor satu di Jawa Timur ini menuturkan bahwa di sinilah peran Provincial Project Management Office (PPMO) sangat diperlukan. Pemprov Jatim telah menyiapkan posko PPMO di Bappeda dan diharapkan bisa membantu kelancaran ke-218 proyek sesuai lampiran Perpres 80/2019. Dengan jumlah penduduk mencapai 15% dari total penduduk Indonesia, Khofifah menyatakan keoptimisannya bahwa melalui percepatan pembangunan di Jawa Timur akan memberi dampak positif bagi peningkatan perekonomian nasional.(OL-3)

 

Baca Juga

Dok MI

Empat dari Tujuh Pelaku Rudapaksa di Bangkalan Ditangkap

👤Mohammad Ghazi 🕔Selasa 07 Juli 2020, 19:30 WIB
KEPOLISIAN Resor (Polres) Bangkalan, Jawa Timur, menangkap empat dari tujuh orang pelaku rudapaksa (perkosaan) terhadap seorang janda....
MI/Cikwan Suwandi

Pemkab Karawang Usulkan Lagi Pembangunan Bendung

👤Cikwan Suwandi 🕔Selasa 07 Juli 2020, 19:10 WIB
SETELAH dibatalkan pembangunannya tahun ini karena Covid-19 oleh Pemprov Jabar, Pemkab Karawang kembali mengusulkan pembangunan bendung di...
MI/Gabriel Langga

Dorong Ibu-ibu, Desa Tilang Buka Lahan Baru untuk Pertanian

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 07 Juli 2020, 18:51 WIB
Kepala Desa Tilang Rofinus I M Luer mengatakan, rencananya, lahan tersebut akan dikelola oleh kelompok tani ibu-ibu yang ada di Desa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya