Kamis 16 Januari 2020, 14:50 WIB

Berkaca dari Billie Eilish, Standar Kecantikan Gen Z Berubah

Fetry Wuryasti | Weekend
Berkaca dari Billie Eilish, Standar Kecantikan Gen Z Berubah

AFP
Billie Eilish

BILLIE Eilish dan Lorde adalah dua nama besar musisi Generasi (Gen) Z. Dari sosok mereka pula dunia kini melihat standar kecantikan baru yang dimiliki generasi yang lahir antara tahun 1995 - 2010.

Mereka tidak lagi mementingkan rias make up, tetapi lebih perawatan kulit wajah. Jawaban itupun terlihat lewat survei terhadap hampir 10 ribu anak muda AS.

Penelitian oleh perusahaan jasa keuangan Piper Sandler akhir 2019, menunjukkan pengeluaran untuk kosmetik wanita muda yang lahir antara tahun 1996 dan 2010 telah turun 20% dari tahun 2018.

Jayme Jo Massoud, 19, penari yang tampil dalam tur nasional Billy Elliot, mengaku melakukan perawatan kulit rutin setiap hari, dan bukan makeup.

Lorde dan Billie Eilish pun memilih terlihat normal di depan umum. Mereka menampilkan kulit tidak sempurnanya dam menciptakan standar kecantikan yang lebih realistis.

"Saya pikir generasi kita benar-benar merangkul semua 'cacat' normal kita, jerawat, dan semuanya," ujar Massoud.

Pakar kecantikan AS, Taylor Frankel, 22, yang ikut mendirikan merek makeup minimalis NudeStix, dia percaya pelanggan yang lebih muda mencari produk yang meningkatkan tampilan kulit mereka sendiri, daripada menyembunyikan ketidaksempurnaan.

Sebuah survei Nielsen global 2018 menemukan 80% Gen Z berpikir perusahaan harus menjaga lingkungan. Sedangkan hasil riset whitepaper WGSN 2019 Gen Z: Building New Beauty menyarankan brand kepekaan.

"Generasi Z ingin tata rias menjadi inklusif dari semua. Tetapi yang paling utama kami ingin representasi, untuk setiap ras dan orang melalui pemasaran," tukas Massoud. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More