Kamis 16 Januari 2020, 13:02 WIB

Jokowi Siap Angkat Dua Jempol untuk DPR, Jika...

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Jokowi Siap Angkat Dua Jempol untuk DPR, Jika...

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo siap mengangkat dua jempol tangannya sebagai bentuk apresiasi kepada DPR RI. Dengan syarat, DPR RI bisa menyelesaikan pembahasan omnibus law dalam kurun 100 hari.

"Kita harap, mohon, agar DPR bisa selesaikan pembahasan maksimal 100 hari. Saya akan angkat dua jempol kalau DPR bisa selesaikan dalam 100 hari," ujar Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Jakarta, Kamis (16/1).

Naskah RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan Perpajakan diproyeksikan rampung pekan ini dan akan diajukan kepada DPR, pekan depan.

Presiden menyebut ada 1.244 pasal dari 79 undang-undang yang akan dibatalkan dengan munculnya omnibus law.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Sandiaga Hati-Hati di 2024

Pasal-pasal tersebut, lanjut dia, sebelumnya kerap kali menghambat kecepatan pemerintah pusat dalam bergerak dan merespon setiap perubahan yang terjadi.

Hal itu pun akhirnya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sehingga tidak mampu tumbuh secara maksimal.

"Kalau ini nanti keluar, akan ada sebuah perubahan besar dalam pergerakan ekonomi kita, dalam pergerakan pembuatan kebijakan-kebijakan. Sebaliknya, kalau UU kita kaku, peraturan pemerintah kita kaku, perubahan yang ada tidak bisa direspon dengan cepat, tercegat, terhambat aturan yang kita buat sendiri," jelas Presiden.

Ia optimistis, dengan kemunculan omnibus law yang akan menyederhanakan berbagai regulasi, investasi yang masuk ke Indonesia akan semakin besar sehingga mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Ini akan menyelesaikan persoalan yang sering saya sampaikan, yang bertahun-tahun tidak bisa kita selesaikan, yaitu current account defisit dan defisit neraca perdagangan. Itu sangat mendasar sekali. Problem besarnya memang masih banyak peraturan yang menghambat kita, baik UU, peraturan pemerintah, peraturan daerah, ini ruwet sekali. Meruwetkan kita semua," tandasnya. (OL-2)

Baca Juga

ASN

Sikap Partisan ASN Hanya Boleh di Bilik Suara

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:05 WIB
Bilik suara menjadi tempat ASN untuk memilih orang yang dikehendaki sebagai pemimpin dapat disalurkan. Di luar bilik suara ASN tidak perlu...
DOK MI

Hak Kelompok Rentan harus Diatur Khusus Dalam Revisi UU Pemilu

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:40 WIB
Salah satu kelompok masyarakat rentan yakni masyarakat adat yang tinggal di hutan lindung. Mereka tidak bisa memberikan hak pilih karena...
Dok MI

Megawati Resmikan 13 Kantor dan Patung Soekarno

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 22:00 WIB
Megawati berpesan bahwa kantor partai harus menjadi pusat pengorganisasian seluruh kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya