Kamis 16 Januari 2020, 08:18 WIB

Dakwaan Pemakzulan Trump Dikirim ke Senat

Basuki Eka Purnama | Internasional
Dakwaan Pemakzulan Trump Dikirim ke Senat

AFP/Alex Wong/Getty Images
Perwakilan DPR AS Paul Irving (kanan) dan perwakilan Senat AS Cheryl Johnson memegang surat dakwaan pemakzulan tehadap Presiden Donald Trump

 

DUA dakwaan pemakzulan tehadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah dikirimkan DPR AS kepada Senat, Rabu (15/1) waktu setempat, membuka jalan untuk sidang pemakzulan bagi presiden ke-45 AS itu.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi menandatangani surat dakwaan yang menyebut Trump menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi penyelidikan Kongres sebelum menyerahkan surat itu kepada Senat.

"Sangat menyedihkan. Sangat tragis bagi negara kita bahwa aksi yang dilakukan presiden mengancam keamanan nasional, melanggar sumpahnya, dan mencoreng pemilu yang telah digelar," ujar Pelosi usai menandatangani surat dakwaan itu.

Baca juga: Sidang Pemakzulan Trump Dimulai Selasa Depan

Map biru yang berisi surat dakwaan itu kemudian dikirimkan kepada Senat oleh sejumlah pejabat, salah satunya seorang anggota DPR yang ditunjuk untuk membahas pemakzulan Trump.

Ketua Senat AS Mitch McConnell kemudian mengundang anggota DPR itu untuk membacakan surat dakwaan terhadap Trump di hadapan Senat AS pada Kamis (16/1) siang.

Kemudian, pada pukul 14.00 waktu setempat, Jaksa Agung AS John Roberts akan tiba di Senat untuk diambil sumpahnya.

"Selanjutnya, jaksa agung akan mengambil sumpah seluruh senator," ungkap McConnell.

Senat AS akan menggelar sidang pemakzulan untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah 'Negeri Paman Sam' itu.

"Sidang akan dimulai pad aSelasa (21/1). Kami berjanji akan melupakan segala faksionalisme dan bersikap adil bagi senat, bagi negara, dan bagi bangsa," tegas McConnell. (AFP/OL-2)

Baca Juga

Dok.Istana Kepresidenan

Politik Luar Negeri yang Konsisten Sebabkan RI Mitra Penting AS

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:50 WIB
MENGHADAPI tantangan stabilitas dan keamanan baik di kawasan maupun global yang terus meningkat, Indonesia tetap konsisten untuk...
AFP/Manjunath Kiran

Susul AS, Kasus Covid-19 di India Tembus 8 Juta Orang

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:47 WIB
Meski kasus positif sangat tinggi, namun tingkat kasus kematian akibat covid-19 di India relatif rendah. Sampai saat ini, jumlah kasus...
AFP/Atta Kenare

Tolak Sikap Macron, Mahasiswa Iran Demo di Kedubes Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:46 WIB
Demonstran membawa poster dan spanduk bertuliskan pesan tegas, yang menentang pernyataan kontroversial dari Presiden Prancis Emmanuel...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya