Kamis 16 Januari 2020, 06:10 WIB

PLTU di Jawa Mulai Gunakan Palet Kayu

(BN/N-2) | Nusantara
PLTU di Jawa Mulai Gunakan Palet Kayu

ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/foc.
Kompleks PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

 

KETERGANTUNGAN terhadap energi fosil terus dikurangi. PT Pembangkitan Jawa-Bali, memulainya dengan menggunakan biomassa palet kayu untuk memproduksi listrik di sejumlah pembangkit listrik tenaga uap.

"Salah satu pembangkit yang menggunakannya ialah Paiton di Probolinggo, Jawa Timur. Sebagai tahap awal, kami menetapkan penggunaan biomassa palet kayu sebanyak 5% dari total kebutuhan energi," ujar Sekretaris Perusahaan PT PJB M Bardan, di Malang, kemarin.

Penggunaan palet kayu, lanjutnya, merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap pengembangan energi baru terbarukan. Penggunaan biomassa palet kayu sebesar 110 ton sudah diterapkan di PLTU Paiton 1 dan 2, yang mampu menghasilkan energi sebesar 2x400 MW.

Sementara pengujian di PLTU Ketapang, Kalimantan Barat, digunakan limbah sawit. Hasilnya, penggunaan 20 ton menghasilkan energi 2x10 MW. "Jika semua PLTU batu bara di Jawa berkontribusi 5% dengan biomassa, akan ada tambahan 1.000 MW pembangkit bioenergi di Jawa." (BN/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More