Rabu 15 Januari 2020, 20:20 WIB

Tebing Setinggi 6 Meter di Brebes Longsor

Spardji Rasban | Nusantara
Tebing Setinggi 6 Meter di Brebes Longsor

ANTARA
Tebing Longsor

 

INTENSITAS hujan yang tinggi membuat tebing Sungai Laren, di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, longsor. Longsor mengancam bendung sungai dan warung lesehan yang ada sisi sungai.

Pascalongsor Pemerintah Kecamatan Bumiayu dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes mendatangi lokasi untuk mencegah longsor susulan agar tidak melebar dan merembet ke jalan raya.

Tebing yang longsor dipasang karung berisi tanah atau pasir untuk menahan dan memperkuat tebing yang longsor tersebut. Petugas dari Polsek Bumiayu juga telah memasang garis polisi untuk mencegah warga mendekati lokasi longsoran.

Anggota satuan tugas penanggulangan bencana dari BPBD Brebes, Budi Sujatmiko, menyampaikan penanganan darurat segera dilakukan mengingat curah hujan yang masih tinggi.


Baca juga: Kebakaran Rumah, Dua Warga Meninggal


"Kalau tidak segera kita tangani longsoran bukit ini bisa merebet dan mengancam bangunan di bawahnya," ujar Budi, Rabu (15/1).

Budi menyebut jika dibiarkan dikhawatirkan akan merembet ke badan jalan dan bendung.

"Jika bendung sampai rusak akan nantinya tidak bisa memasok air ke areal persawahan terutama jika usim kemarau," ucapnya.

Budi mengimbau masyarakat agar mewaspadai intensitas hujan yang masih tinggi.

"Terutama warga yang tinggal di wilayah rawan bencana," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More