Rabu 15 Januari 2020, 15:44 WIB

Firli : Koruptor Itu Tidak Betah di Luar Negeri

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Firli : Koruptor Itu Tidak Betah di Luar Negeri

Antara
Ketua KPK Firli Bahuri

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku yakin Harun Masiku yang masih buron bisa ditangkap.

Dia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan NCB Interpol melalui Polri dan Ditjen Imigrasi Kemenkumham terkait dengan pencarian tersangka kasus suap pergantian antarwaktu dari PDIP yakni Harun Masiku.

"Selama ini setiap orang yang ke luar negeri terkait kasus korupsi biasanya pasti ketangkap karena pelaku koruptor itu tidak betah juga (di luar negeri), susah hidupnya," kata Firli di Gedung Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).

Keberadaan Harun Masiku kini masih belum terungkap. Menurut Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Harun tercatat meninggalkan Indonesia ke Singapura pada 6 Januari 2020 atau dua hari sebelum operasi tangkap tangan dilakukan KPK.

Firli mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polri dan Kemenkum dan HAM dalam upaya pencarian. KPK juga tengah memproses status DPO untuk Harun untuk kepentingan pencarian.

"Saya imbau kepada saudara HM (Harun Masiku) segera kembali ke Indonesia untuk pertanggungjawabkan perbuatannya dan mengikuti ketentuan hukum yang berlaku," imbuh Firli.

Dalam kasus itu, KPK menangkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Rabu (8/1) pekan lalu. Wahyu diduga menerima suap total Rp600 juta dari Harun Masiku untuk memuluskannya masuk ke Senayan melalui proses pergantian antarwaktu anggota DPR. (OL-11)

Baca Juga

SETPRES/RUSMAN

RS Galang Bersiap Hadapi Serbuan TKI

👤Cah/P-2 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:25 WIB
Rumah sakit tersebut akan mempersiapkan diri menghadapi kepulangan 20 ribu tenaga kerja Indonesia dari Malaysia dan mulai beroperasi...
 Medcom.id

Omnibus Law dan RKUHP tidak Mendesak

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:15 WIB
Pelaksanaan fungsi legislasi DPR bisa dilakukan dengan memastikan penyusunan naskah akademik dan naskah draf...
ANTARA/Aprillio Akbar

Denny JA: Indonesia Bisa Lampaui AS Jika Tidak Ada Larangan Mudik

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:05 WIB
Pendiri Lembaga Survei Indonesia Denny Januar Ali menilai pelarangan masyarakat bepergian ke luar kota termasuk mudik sebuah keharusan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya