Rabu 15 Januari 2020, 14:45 WIB

LIPI Kembangkan Proyek Percontohan Kota Pintar di Bogor

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
LIPI Kembangkan Proyek Percontohan Kota Pintar di Bogor

MI/Ramdani
Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) Laksana Tri Handoko

 

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadikan pengembangan kota pintar sebagai salah satu fokus riset pengembangan teknologi informasi di tahun ini.

Kabupaten Bogor dipilih menjadi wilayah percontohan dengan menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor.

"Hal paling penting dalam pemanfaatan internet untuk pengembangan kota pintar adalah menciptakan Internet of Things yang cukup namun memberi manfaat banyak,” kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam pernyataan resmi, Rabu (15/1).

Baca juga:  LIPI Usul Indonesia Buka Kedutaan Baru di Afrika

Dalam riset tersebut, LIPI juga bekerja sama dengan perusahaan WISER Co Ltd dan Data Alliance dari Korea Selatan.

"Pengembangan kota pintar dimulai dari pengumpulan data. Data Alliance sudah menciptakan ekosistem pengembangan usaha berbasis Internt of Things  yang ada di Korea, mungkin ini dapat diterapkan juga di Indonesia,” jelas Jeong Hyop Lee dari Data Alliance.

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Mego Pinandito menjelaskan pengembangan kota pintar mempertimbangkan implementasi teknologi tersebut kemudian dicoba di Indonesia dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

"Kerja sama ke depan ada beberapa teknologi yang sudah di implementasikan di Korea Selatan untuk dicoba dengan teknologi yang ada saat ini, kemudian apakah itu sesuai dengan topografi, teknologi, regulasi , dan tujuan dari pengembangan,” ungkap Mego.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More