Rabu 15 Januari 2020, 14:30 WIB

Jordi Cruyff Resmi Tangani Timnas Ekuador

Kautsar Halim | Sepak Bola
Jordi Cruyff Resmi Tangani Timnas Ekuador

AFP/Rodrigo BUENDIA
Jordi Cruyff

 

MANTAN gelandang Barcelona dan Manchester United Jordi Cruyff direkrut sebagai pelatih timnas Ekuador. Situs resmi federasi menyebutkan, putra legenda sepak bola Johan Cruyff itu telah diikat kontrak selama tiga tahun.

Presiden Federasi Sepak Bola Ekuador Francisco Egas membeberkan alasan penunjukkan Jordi.

Menurutnya, Jordi sengaja dipilih untuk mengawal Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan yang bakal bergulir kurang dari tiga bulan lagi.

Jordi menggantikan pelatih Hernan Gomez yang dipecat federasi sepak bola Ekuador pada Agustus 2019 lalu.

Baca juga: Setien Tegaskan Cinta Barcelona

Keputusan itu diambil lantaran timnas Ekuador langsung tersingkir dari fase grup Copa America yang terselenggara di Brasil.

Jordi sendiri sejatinya belum berpengalaman sebagai pelatih tim nasional. Sebelumnya, pria berusia 45 tahun itu hanya pernah membesut klub Tiongkok Dangdai Lifan dan tim Israel Maccabi Tel Aviv.

Kendati demikian, Jordi punya pengalaman impresif ketika masih menjadi pesepak bola profesional. Dia pernah ikut mengantarkan Barcelona meraih trofi Supercopa de Espana 1994 dan menjuarai Liga Primer Inggris bersama Manchester United pada musim 1996--1997.

Performa apik juga dia tunjukkan saat mengantarkan Deportivo Alaves untuk pertama kalinya ke final UEFA Cup 2001.

Berselang sembilan tahun kemudian, Jordi mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional bersama Valetta yang merupakan klub dari negara kepulauan Eropa Selatan, Malta. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More