Rabu 15 Januari 2020, 09:30 WIB

Positif Doping, Farah Absen di Australia Terbuka

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Positif Doping, Farah Absen di Australia Terbuka

AFP/Glyn KIRK
Robert Farah (kanan)

ROBERT Farah, petenis peringkat satu di nomor ganda, dipastikan absen di Australia Terbuka setelah terbukti positif menggunakan doping.

Petenis Kolombia kelahiran Kanada itu mengaku dirinya diberi tahu oleh Federasi Tenis Dunia (ITF) bahwa dalam darahnya ditemukan Boldenone, zat steroid, dalam tes doping pada 17 Oktober lalu di Cali.

"Saya tengah berada di momen tersedih dalam hidup saya. Ini adalah momen terburuk dalam karier saya," ungkap petenis berusia 32 tahun itu di akun media sosial pribadinya.

Boldenone kerap digunakan peternak di Kolombia untuk meningkatkan bderat badan sapi. Namun, zat itu dilarang oleh Badan Antidoping Dunia.

"Saya yakin itu menjadi penyebab adanya zat itu dalam tubuh saya," kata Farah.

Farah dan kompatriotnya Juan Sebastian Cabal menjadi juara di nomor ganda Wimbledon dan Amerika Serikat Terbuka pada tahun lalu. Pasangan itu merupakan runner-up Australia Terbuka 2018.

Farah huga dua kali meraih gelar Grand Slam ganda campuran berpasangan dengan petenis Jerman Anna-Lena Groenefeld.

Kabar Farah yang gagal tes doping terungkap setelah petenis Amerika Selatan lainnya, Nicolas Jarry asal Cile juga divonis positif doping saat tampil di ajang Piala Davis, November lalu.

Sampel dari petenis berusia 24 tahun itu menunjukkan adanya zat terlarang Ligandrol dan Stanozolol. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More