Rabu 15 Januari 2020, 06:00 WIB

Suspek Wabah Pneumonia Terdeteksi di Thailand

(Ant/RF/H-2) | Humaniora
Suspek Wabah Pneumonia Terdeteksi di Thailand

AFP
WABAH MISTERIUS: Sejumlah negara mewaspadai penularan wabah pneumonia misterius dari Kota Wuhan, Tiongkok.

 

SEORANG turis perempuan asal Tiongkok telah dikarantina di Thailand karena mengidap gejala turunan coronavirus yang misterius. Sebagai buntut dari peristiwa itu, kini Thailand meningkatkan pengawasan di bandara.

Pihak berwenang di Thailand menyebutkan, perempuan itu termasuk salah satu di antara banyak warga Tiongkok yang berduyun-duyun melancong ke Thailand, hanya beberapa hari menjelang libur Tahun Baru Imlek.

"Dari 12 penumpang yang dikarantina sejak 3 Januari, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa seorang perempuan Tiongkok berusia 61 tahun terjangkit turunan coronavirus," kata Kementerian Kesehatan Thailand, Senin (13/1).

Setelah serangkaian pemeriksaan dan pengobatan, perempuan itu telah dinyatakan sehat dan dipulangkan. Perempuan tersebut menjadi kasus temuan coronavirus yang pertama kali terdeteksi di luar Tiongkok.

Wabah pneumonia berat pertama kali ditemukan di ibu kota Provinsi Hubei itu pada Minggu (5/1). Sebanyak 59 orang yang tinggal di sekitar pasar ikan di kota itu mengalami pneumonia misterius.

Dinas Kesehatan Wuhan menyatakan, diagnosis sementara menunjukkan bahwa 41 kasus pneumonia disebabkan tipe baru coronavirus.

Pada Sabtu (11/1), otoritas setempat di Wuhan melaporkan seorang pria berusia 61 tahun sebagai korban pertama pneumonia di sana, sedangkan tujuh orang dalam kondisi kritis.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Menteri Kesehatan Agus Terawan mengimbau masyarakat Indonesia yang bepergian ke wilayah Tiongkok agar menghindari beberapa tempat yang berpotensi menularkan penyakit itu.

Hasil kajian awal menunjukkan bahwa penyakit ini bukan penyakit pernapasan biasa. "Imbauan saya untuk masyarakat tetaplah hidup sehat, makan cukup, istirahat cukup, itu paling penting menghadapi situasi seperti ini," katanya.

Dalam mencegah penularan wabah pneumonia Wuhan, Pemprov Bangka Belitung telah menyiagakan alat pemindai panas tubuh di bandar udara internasional dan pelabuhan laut. (Ant/RF/H-2)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Kak Seto Bagi Tips GEMBIRA di Tengah Pandemi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:46 WIB
Momen physical distancing ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang biasanya tidak memiliki waktu luang/melupakan kebersamaan dengan...
DOK BPJS KESEHATAN

Pemerintah Siap Eksekusi Putusan MA Batalkan Kenaikan Iuran JKN

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 11:40 WIB
''Saat ini Pemerintah dan Kementerian terkait dalam proses menindaklanjuti Putusan MA ini dan sedang disusun...
AFP/GERARD JULIEN

Kemenkes: Klorokuin Bukan Obat Malaria

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 10:22 WIB
Klorokuin sudah tidak lagi digunakan sebagai obat malaria karena terjadi resistensi terhadap penyakit tersebut. Untuk pengobatan Covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya