Rabu 15 Januari 2020, 05:50 WIB

Penyakit Lyme Justin Bieber Didapat dari Kutu

(Ant/H-2) | Humaniora
Penyakit Lyme Justin Bieber Didapat dari Kutu

AFP
BEROBAT DUA TAHUN: Penyanyi Justin Bieber bersyukur telah melalui masa-masa sulit selama dua tahun terakhir karena lyme.

 

PENYANYI asal Kanada Justin Bieber, 25, baru-baru ini buka suara tentang penampilan fisiknya yang dituding karena memakai obat terlarang.

"Saya baru-baru ini didiagnosis penyakit lyme. Bukan cuma itu, saya juga menderita monokronis serius," kata Bieber seperti dikutip dari Reuters.

Ia bersyukur telah melalui masa-masa sulit selama dua tahun terakhir karena penyakit lyme dan kasus mononukleosis yang memengaruhi kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatannya secara keseluruhan.

"Saya mengalami dua tahun yang berat, tapi sudah menjalani perawatan tepat penyakit yang sejauh ini bisa disembuhkan. Dan saya akan kembali lebih sehat dari sebelumnya," sebut suami dari Hailey Baldwin itu.

Sebenarnya apa itu penyakit lyme? Menurut Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), seperti dilansir Health.com, lyme adalah salah satu penyakit menular dari hewan ke manusia. Penyebabnya ialah bakteri Borrelia burgdorferi yang ditransmisikan ke manusia melalui gigitan kutu blacklegged yang terinfeksi. Kutu ini umumnya hidup di area rerumputan.

Gejala awal yang dirasakan ialah demam, sakit kepala, kelelahan, sebagian besar seperti flu, dan ini yang membuat penyakit lyme sulit dideteksi dan didiagnosis. Ruam kulit khas yang disebut erythema migrans mirip dengan mata banteng merah, juga dapat muncul, tetapi ini cuma terjadi pada 70%-80% penderita.

Jika gejala-gejala awal terlambat dideteksi, lyme dapat menyebar ke seluruh tubuh, termasuk persendian, jantung, dan sistem saraf, lalu menghasilkan gejala yang lebih serius, seperti kelumpuhan wajah dan radang sendi.

Namun, jika terdeteksi dini, sebagian besar kasus penyakit lyme dapat diobati selama beberapa minggu pemberian antibiotik. Individu dengan stadium lanjut, mungkin memerlukan perawatan intravena dengan antibiotik.

Walau bisa pulih setelah perawatan, pada sebagian kecil kasus, gejala kelelahan dan nyeri otot bisa bertahan selama lebih dari enam bulan. Kondisi ini disebut post-treatment lyme disease syndrome (PTLDS), yang juga dikenal sebagai penyakit lyme kronis.

Cara terbaik untuk mencegah penyakit lyme ialah melindungi diri dari gigitan kutu. Selalu gunakan produk penolak serangga saat berada di luar rumah.

Bukan hanya Bieber

Kasus lyme banyak terjadi di Amerika Serikat. Bieber bukan satu-satunya pesohor dunia yang terkena lyme. Sebelumnya, penyakit sama juga pernah menghampiri penyanyi Avril Lavigne pada 2015 dan penyanyi Shania Twain pada 2004. Avril bahkan dituding menggunakan tubuh orang lain pada 2005 karena perubahan gaya dan wajah Avril. Avril mengaku butuh waktu tiga tahun lamanya untuk bisa sembuh dari penyakit itu.

Akibat lyme, pita suara Shania Twain rusak pada 2004. Ia juga mengalami kelesuan dan nyeri sendi. Butuh waktu lama bagi Twain untuk mengatasi kerusakan vokalnya itu. (Ant/H-2)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Kak Seto Bagi Tips GEMBIRA di Tengah Pandemi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:46 WIB
Momen physical distancing ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang biasanya tidak memiliki waktu luang/melupakan kebersamaan dengan...
DOK BPJS KESEHATAN

Pemerintah Siap Eksekusi Putusan MA Batalkan Kenaikan Iuran JKN

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 11:40 WIB
''Saat ini Pemerintah dan Kementerian terkait dalam proses menindaklanjuti Putusan MA ini dan sedang disusun...
AFP/GERARD JULIEN

Kemenkes: Klorokuin Bukan Obat Malaria

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 10:22 WIB
Klorokuin sudah tidak lagi digunakan sebagai obat malaria karena terjadi resistensi terhadap penyakit tersebut. Untuk pengobatan Covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya