Selasa 14 Januari 2020, 22:24 WIB

KPU Pastikan Anggaran Pilkada 2020 Cukup

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
KPU Pastikan Anggaran Pilkada 2020 Cukup

Antara
Areif Budiman

 

KETUA KPU RI Arief Budiman memastikan kepada jajaran di bawahnya bahwa anggaran pilkada 2020 yang telah disepakati oleh KPU daerah dengan pemda setempat cukup untuk gelaran pILKADA 2020. Hal itu disampaikannya saat menanggapi pertanyaan Komisi II mengenai anggaran KPU yang telah ditandatangani NPHD sebesar Rp9,9 triliun.

"Saya sudah memastikan kepada teman-teman di 270 daerah, ketika tanda tangan NPHD, Anda punya komitmen anggaran yang ada itu cukup. Itu harus jadi komitmen masing-masing pihak untuk memenuhi dan menjalankan pilkadanya dengan baik," katanya dalam rapat bersama Komisi II DPR RI, di ruang Komisi II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1).

Sebagai informasi, usulan anggaran yang diajukan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota kepada pemda sebesar Rp11,9 triliun. Namun, usulan yang telah diteken NPHD sebesar Rp9,9 triliun. Ada selisih sekitar Rp2 triliun.

Meski begitu, ada beberapa daerah yang masih bermasalah terkait anggaran pilkadanya karena ada pemangkasan secara sepihak. Terkait itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Keuangan Daerah.

Sebelumnya, dalam rapat tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mempertanyakan apakah anggaran yang telah disetujui pemda sebesar Rp9,9 triliun tersebut cukup atau tidak untuk pelaksanaan pilkada 2020. Ia tidak mau jika kekurangan anggaran dijadikan alasan ketika pilkada nantinya tidak berjalan optimal.

"Apakah ada pengaruh terhadap anggaran yang diusulkan dengan nilai yang ditetapkan? Karena anggaran sebesar 2 T itu bukan jumlah yang sedikit. Jangan nanti hal tersebut dijadikan alasan oleh KPU akibat penyelenggaraan pilkada yang tidak berjalan seperti yang diharapkan," terangnya. (OL-8)

Baca Juga

DOK DPR RI

Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM Produksi Masker Non-Medis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 13:12 WIB
Menurut Aria Bima dengan adanya wabah ini, usaha kecil sudah sangat kesulitan mendulang profit sehingga membutuhkan stimulus dari...
SETPRES/RUSMAN

RS Galang Bersiap Hadapi Serbuan TKI

👤Cah/P-2 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:25 WIB
Rumah sakit tersebut akan mempersiapkan diri menghadapi kepulangan 20 ribu tenaga kerja Indonesia dari Malaysia dan mulai beroperasi...
 Medcom.id

Omnibus Law dan RKUHP tidak Mendesak

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:15 WIB
Pelaksanaan fungsi legislasi DPR bisa dilakukan dengan memastikan penyusunan naskah akademik dan naskah draf...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya