Rabu 15 Januari 2020, 02:55 WIB

Pasangan Baru Layak Diperhitungkan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Pasangan Baru Layak Diperhitungkan

MI/Ramdani
Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu

PASANGAN ganda campuran Indonesia teranyar, yakni Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu berhasil memasuki babak utama Indonesia Masters 2020. Mereka, kemarin, melewati babak kualifikasi setelah menghempas pasangan Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran, dengan skor 21-16 dan 21-17, di Istora, Senayan, Jakarta.

Bersama Tontowi yang dulunya berpasangan dengan Liliyana Natsir, Apriyani mengaku masih canggung. Namun, dia berambisi untuk bisa fokus di pertandingan yang dia jalani agar bisa membuktikan bahwa dirinya dan Tontowi merupakan pasangan yang layak diperhitungkan.

Apriyani yang juga berpasangan dengan Greysia Polii di nomor ganda putri menegaskan bahwa dirinya akan mencoba beradaptasi dengan peran barunya. Biasanya ia menjaga pertahanan saat berpasangan dengan Greysia. Namun, bersama Owi, ia bermain lebih jauh di depan.

"Sebenarnya memang saya juga sudah lumayan tahu kalau main di ganda campuran, pemain putri harus lebih banyak di depan. Saya akan terus menyesuaikan dengan diri sendiri terlebih dahulu," ujar Apriyani.

Hari ini, Tontowi/Apriyani akan menantang unggulan ketujuh asal Korea Selatan, Seung Jae Seo/Yu Jung Chae. Tontowi ketika bersama Liliyana pernah menang sekali dari Seo/Chae di Asian Games 2018. Itu merupakan satu-satunya pertemuan antarkedua pasangan.

"Kami bakal keluarkan kemampuan terbaik saat berjumpa Seo/Chae," ujar Tontowi yang akrab disapa Owi. "Coba yang maksimal, kami juga akan menonton video penampilan mereka," imbuh dia.

Owi mengungkapkan bahwa meski mendapat partner baru, dirinya tidak memasang target khusus di Indonesia Masters. Selain lebih memilih untuk main lepas, Owi merasa dirinya dan Apriyani juga belum bisa mengukur kualitas masing-masing karena belum mendapat banyak waktu untuk latihan bersama-sama.

Adapun Apriyani, setelah hari ini bermain bersama Owi, ia akan berduet dengan Greysia untuk menghadapi pasangan ganda putri nonunggulan asal Tiongkok, Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting. Meski Greysia/Apriyani berstatus unggulan kedelapan, Xuan/Ting tetap harus diwaspadai karena mereka pernah menang di Prancis Terbuka tahun lalu.

 

Tersisa tiga pasangan

Kendati baru pertama berpasangan, Owi/Apriyani tentu diharapkan bisa melangkah jauh di Istora lantaran hari ini hanya tersisa tiga pasangan ganda campuran. Awalnya, termasuk Owi/Apriyani, ada tujuh pasangan yang dimiliki Indonesia.

Namun, empat pasangan yang sebenarnya tidak perlu ikut kualifikasi, malah tersingkir. Mereka ialah Ricky Karandasuwardi/Pia Zebadiah Bernadet, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti langsung ke babak pertama dan mujur bisa ke babak kedua karena lawan mereka dari Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek, tidak hadir di lapangan.

Satu lagi yang jadi kekuatan Indonesia hari ini, yaitu Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika yang mampu melewati kualifikasi setelah menang 21-18 dan 21-13 dari pasangan Denmark, Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby. (R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More