Rabu 15 Januari 2020, 02:05 WIB

Kanada Sambut Rencana Pangeran Harry

Kanada Sambut Rencana Pangeran Harry

AFP
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau

 

SETELAH mendapatkan izin Ratu Elizabeth II untuk tinggal paruh waktu di Kanada, Pangeran Harry dan Meghan Markle menyatakan akan tinggal bergantian antara Inggris dan Kanada. Namun, Kanada belum memutuskan apakah akan menanggung atau tidak biaya keamanan selama pasangan itu tinggal di Kanada.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengungkapkan warga Kanada sangat mendukung memiliki pasangan kerajaan yang tinggal di wilayah mereka.

Namun, ia menyebutkan bahwa biaya pengamanan bagi pasangan yang dikenal dengan Duke dan Duchess of Sussex, beserta anak mereka, Archie, belum diputuskan.

"Saya pikir itu adalah bagian dari refleksi yang perlu dimiliki dan ada diskusi yang sedang berlangsung," kata Trudeau dalam sebuah wawancara seperti dilansir AFP, kemarin.

"Kami juga tidak sepenuhnya yakin keputusan akhir apa yang akan diambil dan itu adalah keputusan untuk mereka," imbuhnya.

Senada dengan Justin Trudeau, Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau juga belum memutuskan apakah akan menanggung biaya keamanan terkait keputusan Pangeran Harry dan Meghan tersebut.

Berdasarkan informasi dari media Kanada, diperkirakan untuk melindungi kedua pasangan beserta bayinya tersebut dibutuhkan biaya sektiar $1,3 miliar sampai $1,7 miliar per tahun.

Menurutnya, tradisi pembiayaan pajak Kanada yang diambil dari wajib pajak warga Kanada akan berkontribusi terhadap biaya keamanan ketika anggota keluarga kerajaan Inggris mengunjungi negara tersebut.

 

Izin ratu

Izin bagi Harry dan Meghan diberikan Ratu Elizabeth II pascapertemuan khusus antara keluarga kerajaan, termasuk Pangeran Wales dan Duke of Cambridge, dengan Pangeran Harry yang dilakukan di Sandringham, Inggris Timur.

Keinginan pasangan tersebut untuk tinggal di Kanada telah disampaikan Pangeran Harry dan Meghan yang menyatakan mereka ingin mundur dari tugas-tugas anggota kerajaan.

Ratu mengatakan sepenuhnya mendukung keinginan mereka untuk menjalani peran baru, tetapi 'lebih suka' Harry dan Meghan Markle tetap menjadi bangsawan yang bekerja penuh waktu. (Rif/Hym/X-11)

Baca Juga

AFP/Jim Watson

Imbas Covid-19, Boeing PHK 6.770 Pekerja

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 11:55 WIB
Ini merupakan pemangkasan jumlah pekerja gelombang kedua setelah sebelumnya Boeing mengeluarkan program PHK...
AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya