Selasa 14 Januari 2020, 20:53 WIB

Polri Dalami Eksistensi Keraton Agung Sejagat di Purworejo

Tri Subarkah | Nusantara
Polri Dalami Eksistensi Keraton Agung Sejagat di Purworejo

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
batu prasasti di komplek Keraton Agung Sejagad Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah.

 

KEPOLISIAN Republik Indonesia menyelidiki kehadiran Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 'Kerajaan' tersebut dipimpin oleh Totok Santosa Hadiningrat alias Sinuhun bersama istrinya, Dyah Gitarja alias Kanjeng Ratu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menyebut saat ini Mabes Polri berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah untuk menyelidiki kerajaan tersebut.

"Ini masih kami cek seperti apa kerajaan tersebut. Masih didalami seperti apa, kita belum bisa memastikan kegiatannya, masih menunggu konfirmasi Polda Jawa Tengah," kata Argo di Mabes Polri, Selasa (14/1).

Hal tersebut, lanjut Argo, dilakukan untuk memastikan kebenaran kerjaan yang belakangan menjadi buah bibir masyarakat itu.

"Apakah ada kerajaannya, apakah hanya asumsi dan prasangka kami masih menunggu penyidik dari Polda Jateng. Statusnya apa sih, apakah sudah bentuk kelompok atau yayasan," terang Argo di Mabes Polri, Selasa (14/1).

Berdasarkan informasi, KAS telah memiliki pengikut sebanyak 450 orang. KAS mulai dikenal masyarakat setelah mereka mengadakan acara Wilujengan dan Kirab Budaya yang dihelat dari Jumat (10/1) hingga Minggu (12/1).Pemimpin KAS mengklaim memiliki kekuasaan di seluruh dunia. (OL-4)

Baca Juga

Medcom/Amaluddin

Khofifah Dorong Upaya Peningkatan SDM Muslimat NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:08 WIB
Muslimat NU yang selalu menggaungkan toleransi, keseimbangan, dan keadilan tersebut, dinilai perlu melakukan revitalisasi yang mencakup...
dok.mi

Pasien Sembuh Covid-19 di NTT Tambah 33 Orang, Kasus Baru Nihil

👤Palce Amalo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:30 WIB
PASIEN sembuh dari covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah 33 orang, Kamis (29/10). Sebaliknya, tidak ada tambahan kasus...
Antara

Hasil Panen Bawang Merosot Harganya Jadi Meroket

👤John Lewar 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:20 WIB
TURUNNYA hasil panen produksi petani bawang merah, putih dan bawang Bombai di beberapa daerah yang menjadi kantong produksi, menyebabkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya