Selasa 14 Januari 2020, 20:44 WIB

Pembangunan Tol Serang-Panimbang di Pandeglang Dimulai Juli 2020

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Pembangunan Tol Serang-Panimbang di Pandeglang Dimulai Juli 2020

Dok. KEk Tanjung Lesung
Penjelasan soal pembangunan tol Serang-Panimbang

 

PEMBANGUNAN tol Serang-Panimbang Sektor III di wilayah Pandeglang, Banten akan dimulai pada Juli 2020 dan ditargetkan selesai pada 2021.

Kepala Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Serang-Panimbang sektor III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ibrahin Hasan mengatakan, pembangunan sektor III tol Serang-Panimbang yang nantinya terhubung ke Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung lesung, dikerjakan paling akhir setelah pembangunan di wilayah Serang dan lebak yang ditargetkan selesai dibangun akhir tahun ini.

"Untuk wilayah Pandeglang ini konstruksinya mulai sekitar Juli tahun ini. Mudah-mudahan sesuai target," kata Ibrahim dalam keterangan tertulisnya.

Ibrahim mengungkapkan, saat ini masih ada beberapa kendala terkait lahan, terutama masalah alas hak atas tanah. Karena di Kabupaten Pandeglang lebih banyak alas hak itu bukan satu tingkat.

"Kebanyakan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), sementara SPPT itu bukan alas hak, jadi kami harus memastikan tidak terjadi salah pembayaran kepada warga,“ kata Ibrahim.

Baca juga : Kamera ETLE di Jalan Tol dan Jalur Trans-Jakarta Masih Diuji Coba

Meski demikian, Ibrahim menegaskan, pembangunan tol Serang-Panimbang sektor Pandeglang akan tetap dimulai pada Juli 2020. Untuk kendala yang ada, Ibrahim mengatakan akan diselesaikan lewat koordinasi semua pihak yang terlibat.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono mengatakan, pemerintahannya akan terus mendukung agar pembangunan tol Serang-Panimbang cepat terlaksana.

Tanto mengaku siap membantu semua kebutuhan Pemerintah Pusat, termasuk soal pembebasan lahan, mulai dari mediasi, sosialisasi dan sebagainya.

"Karena memang pembangunan tol ini problemnya sangat kompleks terutama pembebasan lahan, karena hal tersebut berkaitan dengan berbagai pihak, baik itu institusi, vertikal dan yang paling utama adalah masyarakat, “ kata Tanto.

Menurut Tanto, pembangunan tol Serang-Panimbang merupakan kunci keberhasilan pembangunan bagi masyarakat Pandeglang. Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang bersemangat dengan adanya proyek strategis tersebut. Pasalnya, tol Serang-Panimbang akan menjadi gerbang kemajuan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Baca juga : Tol Jakarta-Cikampek KM 24 Tergenang 20 Cm

Direktur Utama PT. Banten West Java, Purnomo Siswoprasetijo mengaku pengumuman pembangunan tol Serang-Panimbang semakin memacu untuk mengembangkan KEK Tanjung Lesung sebagaimana target kesepakatan yang dibuat oleh Pemkab Pandeglang dan Provinsi Banten.

Saat Tol Serang-Panimbang beroperasi nanti, Pornomo memastikan pihaknya siap untuk menampung wisawatan yang akan mengalir ke Tanjung Lesung.

"Kalau sudah dapat kepastian target selesai tol seperti ini, pasti kami juga menyiapkan diri dengan mempercepat pembangunan. Sejauh ini pembangunan pengembangan sarana dan prasarana, sudah on progres. Pembangunan kamar hotel kita sudah kami kerjakan secara bertahap berikut juga pembangunan jalan," ungkap Poernomo.

Di sisi lain, KEK Tanjung Lesung juga gencar melakukan promosi agar kunjungan wisatawan meningkat.

Belum lama ini, kami merilis website experiencetanjunglesung.com, sebuah platform e-commerce yang khusus menjual pariwisata di KEK Tanjung Lesung dan sekitarnya. Itu adalah sebuah terobosan yang kami buat untuk memudahkan wisatawan memilih dan mem-booking water activities dari tempat liburan yang dituju sebelum akhirnya memilih hotel selama liburan di KEK Tanjung Lesung," pungkas Poernomo. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More