Selasa 14 Januari 2020, 18:45 WIB

Imbas Banjir, Mal Taman Anggrek dan Cipinang Indah Masih Tutup

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Imbas Banjir, Mal Taman Anggrek dan Cipinang Indah Masih Tutup

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Suasana di lobby depan Mall Taman Angggrek, Jakarta Barat, Senin (13/1). Memasuki hari ke -13 Mall Taman Anggrek masih belum beroprasi

 

AKIBAT banjir yang melanda Jakarta pada Rabu (1/1) lalu, sejumlah mal terpaksa tutup karena ada kerusakan mesin pembangkit listrik yang terendam air. Salah satunya adalah Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Menurut Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah, mal tersebut akan dibuka lusa.

"Taman Anggrek tanggal 16 dibuka. Kalau (Mal) Cipinang Indah belum tahu (kapan dibuka)," tutur Budihardjo kepada Media Indonesia, Jakarta, Selasa (14/1).

Menurutnya, mal yang tutup karena masih dilakukan perbaikan. Kerugian yang diderita para penyewa atau tenant pusat perbelanjaan mencapai miliaran rupiah. Biaya sewa paling murah di mal Jakarta, katanya, per meternya bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta dalam sebulan.

Kerugiannya itu hitungan per meter omzetnya. Misalny pihak tenant tutup setengah bulan, sewanya Rp500.000 dikalikan saja kalau luas mal ada 30.000 meter persegi mencapai Rp15 miliar.

Dalam keterangan resminya, Hippindo menyebut banyak anggotnya merasa Ada penurunan omzet penjualan secara signifikan. Bahkan ada yang turun sampai 50% pada saat puncaknya banjir.

Baca juga: Ahok: Kita Harus Percaya, Anies Lebih Pintar Atasi Banjir

Beberapa mal terganggu akses masuknya sehingga karyawan dan customer tidak bisa masuk ke dalam mall. Selain itu akibat genangan air dan padamnya aliran listrik menyebabkan banyak bahan baku yang rusak karena terendam dan padamnya listrik.

"Kami siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta. Apabil UKM-UKM, produsen, supplier, pabrik, distributor terhambat, maka akan mengganggu pertumbuhan perekonomian di DKI," jelas Budi.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan menuturkan akibat banjir yang terjadi di Jabotabek, ada penurunan sekitar 30% jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta

"Di Mal Taman Anggrek memang masih tutup. Air banjir sampai masuk ke dalam," tandas Stefanus. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More