Selasa 14 Januari 2020, 18:08 WIB

MPR Minta KPK Kawal Kasus Jiwasraya dan ASABRI

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
 MPR Minta KPK Kawal Kasus Jiwasraya dan ASABRI

Antara
Pekerja sedang membersihkan Gedung Jiwasraya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

KETUA Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, meminta pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawal kasus Jiwasraya dan ASABRI yang menggemparkan masyarakat. Hal itu disampaikan Bambang saat bertemu dengan pimpinan KPK.

"Kita minta KPK untuk menaruh perhatian besar terhadap proses hukum yang sedang berjalan di Kejaksaan untuk terus dipantau, agar kasus Jiwasraya tidak merugikan masyarakat pemegang polis maupun merugikan keuangan negara," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, usai pertemuan di ruang kerja Ketua MPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/1).

Baca juga: OJK Beberkan Kronologi Kasus Jiwasraya

Kasus Jiwasraya, lanjut Bamsoet, menunjukkan bahwa pengawasan sangat kendur dari lembaga yang dipercaya untuk mengawasi lembaga keuangan tersebut. Selain itu, pihaknya juga mendorong pimpinan KPK untuk ikut memantau kondisi ASABRI serta sejumlah asuransi BUMN lainnya.

"Karena praktik-praktik yang terjadi di Jiwasraya yang berpotensi merugikan keuangan masyarakat dan negara itu juga terjadi di lembaga-lembaga dana pensiun lainnya, plus asuransi lainnya," pungkas Bamsoet.

Pihaknya juga mendorong KPK untuk terus mengawasi kinerja dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. "Yang kita duga akan memiliki potensi yang sama kalau tidak hati-hati, diawasi dan diaudit dengan benar oleh BPK," tandasnya.(OL-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More