Selasa 14 Januari 2020, 10:57 WIB

Tentara Ikut Mendampingi Petani Memasuki Musim Tanam

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Tentara Ikut Mendampingi Petani Memasuki Musim Tanam

MI/Ferdinandus Rabu
Kodim 1624 Flores Timur, NTT akan dikerahkan untuk mendampingi para petani saat musim tanam.

 

KODIM 1624 Flores Timur, NTT siap turun ke lapangan untuk membantu para petani yang siap bertanam di wilayah Kabupaten Flores Timur dan Lembata. TNI akan dikerahkan untuk mendampingi para petani saat musim tanam.

"TNI siap membantu petani di daerah ini. Kami siap membantu para petani di daerah ini untuk terlibat dalam setiap kegiatan petani, mulai dari proses awal pengolahan tanah, pembajakkan, penyeberan benih hingga penanaman. Beberapa waktu lalu juga saya dan anggota TNI turut pula dalam kegiatan penanaman perdana jagung hibrida di Kecamatan Titethena. Hal tersebut menunjukkan bukti TNI juga punya kepedulian untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah ini," kata Komandan Kodim 1624/Flotim Letkol Inf Komang Agus, Selasa (14/1).

Menurut Komang, dalam rangka membangun sinergitas tersebut, seluruh Babinsa dikerahkan untuk membantu petani di pelosok-pelosok.

"Kami mengerahkan seluruh Babinsa di daerah ini untuk terlibat langsung bersama petani dalam setiap kegiatan mereka. Pada prinsipinya kami siap membantu. Selain peran Babinsa, kami juga siap membangun koordinasi dengan permerintah daerah untuk sama-sama memberikan perhaitan serius terhadap pertanian di daerah ini. Apapun itu, TNI siap menyuskseskan program revolusi pertanian demi meningkatkan hasil produksi di daerah ini," kata Komang.

Pada kesempatan itu, Sertu Marito Januario, selaku Babinsa yang bertugas di lokasi tanam Duli di Desa Latonliwo Satu, Kecamatan Tanjung Bunga, mengakui sudah sering terlibat dalam kegiatan petani di desa tersebut. Menurutnya sudah menjadi kewajiban setiap anggota TNI untuk membantu masyarakat, termasuk para petani dengan terlibat aktif dalam setia kegiatan petani.

baca juga: Cegah Pneumonia Masuk Babel, Suhu Tubuh Wisatawan Dipantau

"Tidak hanya tahun ini saja, tetapi tahun-tahun sebelumnya juga, saya dan teman-teman Babinsa lainnya sudah sering turun untuk membantu para petani. Saat ini juga saya sedang terlibat dalam kegiatan kelompok tani Bela Bukit untuk memberikan pendampingan, dan ikut membantu petani mengolah lahan sawah, bersama-sama membajak lahan. Selesai bajak, kami juga bantu menanam padi, jagung, bawang dan tanaman pangan lainnya yang cocok dengan lahan di sini," ujar Babinsa Marito. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More