Selasa 14 Januari 2020, 11:00 WIB

Trudeau: AS Bertanggung Jawab Atas Penembakan Pesawat di Iran

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trudeau: AS Bertanggung Jawab Atas Penembakan Pesawat di Iran

AFP/Walter Tychnowicz
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

 

KORBAN tewas akibat penembakan pesawat di Iran akan masih hidup seandainya tidak ada peningkatan ketegangan di Amerika Serikat (AS). Hal itu dikatakan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Senin (13/1).

"Saya rasa jika tidak ada peningkatan ketegangan di kawasan, para warga negara kanada itu kini sudah ada di rumah bersama keluarga mereka," ujar Trudeau dalam wawancara dengan stasiun televisi Global.

Dia menambahkan komunitas internasional sangat jelas menginginkan Iran yang tidak memiliki senjata nuklir. Namun, caranya bukan dengan meningkatkan ketegangan seperti yang dilakukan AS.

Baca juga: Iran Akhirnya Pilih Jalur Dialog

Pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines ditembak jatuh tidak lama setelah lepas landas dari Teheran, Rabu (8/1), menewaskan 176 penumpang, termasuk 57 warga Kanada.

Ketegangan antara AS dan Iran meningkat pada 3 Januari setelah serangan udara pesawat nirawak AS menewaskan komandan militer Iran Qasem Soleimani.

Iran membalas serangan AS itu dengan menembakkan sejumlah rudal ke dua markas militer AS di Irak.

Namun, beberapa jam kemudian, Garda Revolusi Iran mengakui salah menembak sebuah pesawat komersial Ukraina. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More