Selasa 14 Januari 2020, 10:45 WIB

Kemenkop UKM Ikut Menyosialisasikan QRIS

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kemenkop UKM Ikut Menyosialisasikan QRIS

ANTARA/M Agung Rajasa
Pembeli melakukan transaksi pembayaran digital dengan mesin EDC berbasis android di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat.

 

SETELAH diperkenalkan Bank Indonesia, beberapa hari lalu, melalui acara KTI Digi Fest 2020 yang berlangsung di Makassar, Kementerian Koperasi dan UKM ikut mendukung penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS) bagi kalangan UMKM sebagai alat transaksi keuangan secara online.

Selain mempermudah UMKM, penggunaan QRIS juga sejalan dengan program digitalisasi UMKM sebagai bagian dari pilar strategi pengembangan UMKM nasional.

“Digitalisasi adalah salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk naik kelas. Dengan menggunakan QR Code Payment akan sangat memudahkan pelaku UMKM bertransaksi secara luas,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dilansir dari keterangan resmi, Selasa (14/1).

Baca juga: Rupiah Kuat, BI tidak akan Intervensi

Lebih lanjut, Teten menegaskan sistem ini sangat penting bagi pengembangan digitalisasi UMKM.

Melalui penggunaan QRIS, secara otomatis, semua transaksi akan tercatat di rekening bank, sehingga akan membantu UKM yang bersangkutan dalam pencatatan data transaksi harian, mingguan, dan bulanan atau disebut juga dengan cash flow.

Dengan tercatatnya cash flow, akan memudahkan Bank melihat tingkat kesehatan usaha nasabahnya itu, sehingga Bank lebih mudah mengupayakan pengembangkan usaha nasabah.

“Dengan menggunakan QRIS, pelaku UKM akan lebih efisien dan lebih aman dalam bertransaksi, karena tidak perlu menyediakan uang receh untuk keperluan kembalian dan juga akan terhindar dari kemungkinan menerima uang palsu yang sangat merugikan,” pungkasnya.

Dengan digunakannya QRIS dalam proses transaksi dan semua pelaku UKM memiliki rekening bank, ke depan, pembinaan UKM akan lebih baik, khususnya dalam rangka mengupayakan UKM naik kelas dan menjadi bankable.

Sebagai dukungan nyata Kementerian Koperasi dan UKM dalam penerapan QRIS, telah dilakukan piloting penggunaan QRIS di Jawa Tengah, antara lain pada event Festival Kopi Gunung Slamet yang diselenggarakan di Baturaden baru-baru ini.

Kepada semua stan UKM yang ikut menjadi peserta FKGS dipasang QRIS. Pemasangan QRIS difasilitasi oleh BI Purwokerto bersama Bank Sinarmas. Selain itu, di Jakarta, QRIS juga akan segera dipasang di SMESCO dan UKM di sekitar Kantor Kementerian Koperasi dan UKM. (OL-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Dua Pabrikan Otomotif Tutup Sementara

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 02 April 2020, 21:10 WIB
Pabrikan masih menjamin hak-hak dari karyawan...
Dok Sinas Mas Land

Wali Kota Tangsel Terima Bantuan APD dari Sinar Mas Land

👤Wisnu AS 🕔Kamis 02 April 2020, 20:29 WIB
APD medis diibaratkan sebagai perlengkapan perang tim medis dalam melawan virus...
DOK KEMENTAN

Mentan Pastikan Stok Gula Aman Hadapi Virus Korona dan Ramadan

👤Denny Parsaulian S 🕔Kamis 02 April 2020, 20:21 WIB
Mentan SYL menegaskan pihaknya akan terus berupaya memastikan ketersediaan gula masyarakat dengan harga yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya