Selasa 14 Januari 2020, 09:15 WIB

Memanfaatkan PetaBencana.id untuk Merespon Banjir di Tanah Air

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Memanfaatkan PetaBencana.id untuk Merespon Banjir di Tanah Air

petabencana.id
Tangkapan layar dari petabencana.id

 

SEBAGAI upaya meningkatkan kapasitas jajaran Pusdalops BNPB telah dilaksanakan pelatihan pemanfaatan PetaBencana.id untuk membantu respon bencana banjir di seluruh Indonesia.

Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra mengatakan platform PetaBencana.id ini sangat bermanfaat bagi pihaknya sendiri dan masyarakat luas terkait untuk memantau serta mengetahui tentang kebencanaan di daerah.

"Pada awalnya, PetaBencana.id ini hanya untuk memantau banjir di Jakarta dan sekarang telah dikembangkan di empat kota besar di Pulau Jawa, yaitu DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya," kata Bambang dalam keterangan resmi, Selasa (14/1).

Dia meminta tim Pusdalops agar bisa memanfaatkan platform PetaBencana.id ini untuk menjadi sumber  masukan, bahwa ada kejadian bencana di suatu daerah.

Baca juga: BNPB Imbau Waspadai Dampak Siklon Claudia

Begitu juga sebagai kebutuhan informasi awal bagi tim Pusdalops BNPB untuk dapat menginformasikan terkait kejadian bencana tersebut ke BPBD dan TNI/POLRI serta intansi terkait lainnya.

"Manfaatkan informasi dari berbagai sumber, termasuk salah satunya dari PetaBencana.id ini, untuk merespon kejadian bencana didaerah," paparnya.

Dia menegaskan Pusdalops BNPB ini sebagai mata dan telinganya Indonesia untuk kebencanaan, sehingga harus memeperkuat sensivitas mereka dalam merespon setiap kejadian bencana. Bahkan informasinya PetaBencana.id akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dan go internasional.

Diketahui, PetaBencana.id merupakan sebuah platform berbasis website yang gratis dan menghasilkan visualisasi bencana skala perkotaan menggunakan laporan hasil crowdsourcing dan validasi instansi pemerintah secara real time.

Platform ini memanfaatkan penggunaan lanjutan dari social media dan aplikasi pesan instan saat keadaan darurat untuk mengumpulkan informasi terbaru yang terkonfirmasi dari pengamatan secara langsung dan dengan demikian menghilangkan kebutuhan pemrosesan data yang memakan waktu dan biaya

Laporan pengguna yang terverifikasi akan ditampilkan bersamaan dengan data kritikal yang relevan, yang dikumpulkan oleh instansi pemerintah daerah.

Dengan mengintegrasikan kearifan lokal dari berbagai sumber data ke dalam satu platform yang kokoh, PetaBencana.id dapat menghasilkan gambaran yang komprehensif dari kejadian bencana, dan memungkinkan warga, lembaga kemanusiaan, dan instansi pemerintah untuk membuat keputusan berbasis informasi yang memadai pada keadaan darurat.

Sejak diluncurkan pada 2013 (sebagai PetaJakarta.org), platform PetaBencana.id sudah digunakan oleh jutaan penduduk untuk membuat keputusan dalam waktu singkat terkait keselamatan dan navigasi selama keadaan banjir darurat.

Platform ini juga diadopsi oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk memantau kejadian banjir, mempersingkat waktu tanggap bencana, dan berbagi informasi darurat dalam waktu singkat kepada penduduk.

Platform ini telah memungkinkan penyebaran informasi dan koordinasi data dalam skala yang lebih besar dengan penduduk dan instansi pemerintah, dan mendukung ketangguhan terhadap perubahan iklim secara kolaboratif.

Saat ini dengan target memfasilitasi 50 juta penduduk di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung, PetaBencana.id membuktikan bahwa pengumpulan, penyebarluasan, dan visualisasi data berbasis komunitas dapat mengurangi risiko banjir dan membantu upaya penyelamatan. (OL-2)

Baca Juga

Ist

40 Mahasiswa Raih Penuh Program Beasiswa 8 Miliar Algoritma 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 17:16 WIB
Program beasiswa pada tahun ini diberikan kepada 40 penerima beasiswa penuh serta 120 penerima beasiswa parsial yang memiliki background...
MI

Program Stunting Terancam Minim Hasil karena Ego Sektoral

👤Emir Chaerullah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 17:00 WIB
ANGGARAN program pencegahan stunting Rp27,5 triliun yang tersebar di 23 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terancam minim hasil...
ANTARA/Syaiful Arif

Pondok Pesantren Institusi Teladan Perangi Covid-19

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:01 WIB
Tradisi kedisiplinan para santri serta keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai serta pengasuh pesantren menjadi modal utama dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya