Senin 13 Januari 2020, 21:55 WIB

Polisi Siapkan Pengamanan Aksi Protes Banjir Jakarta Besok

Antara | Megapolitan
Polisi Siapkan Pengamanan Aksi Protes Banjir Jakarta Besok

ANT/ Ujang Zaelani
Warga Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, memprotes Pemprov DKI Jakarta pada Desember 2012 lalu karena daerahnya kerap digenangi banjir.

 

KEPOLISIAN Resor Metro Jakarta Pusat akan menyiapkan pengamanan khusus untuk aksi protes banjir Jakarta maupun aksi kawal Anies di Balai Kota Jakarta pada Selasa (14/1) besok.
 
"Kita akan siapkan pengamanannya. Malam ini, kami siapkan personelnya," kata Kapolres Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Heru Novianto, saat dihubungi, di Jakarta, Senin (13/1).
 
Heru mengatakan, tidak akan ada pengamanan khusus yang diberikan untuk acara yang melibatkan dua pemahaman yang berseberangan di tempat yang sama itu.
 
Secara terpisah, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Wiraga, mengatakan, pihaknya mengajukan personel sejumlah 300 orang untuk pengamanan aksi yang akan dilakukan antara tiga kubu.
 
Mereka itu politikus Dewi Tanjung CS yang meminta Anies mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta serta Gerakan Aksi Bela Anies, juga Komunitas Kabangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar), yang mendukung Anies tetap memimpin Ibu Kota.
 
"Kita mengajukan 300 personel itu sesuai estimasi massa. Tapi kita tidak tau nanti dari Polda berapa, tapi kita pastikan minimal lebih dari jumlah massa," kata Wiraga.


Baca juga: Pemkot Bekasi masih Fokus Bersihkan Tiga Titik Lumpur Banjir

 
Jumlah itu disesuaikan jumlah peserta aksi yang rencananya diikuti oleh 300 peserta dari tiga kelompok aksi yang masing-masing komunitas mencantumkan 100 peserta.
 
Senada dengan Kapolres Jakpus, Wiraga menyebutkan tidak ada pengamanan khusus untuk aksi yang diperkirakan akan berlangsung pada pukul 14.00 WIB-17.00 WIB itu.
 
"Ya kita fasilitasi semua, nanti kita akan komunikasikan, untuk dapat berjalan dengan baik itu saja," ujar Wiraga.
 
Sebelumnya, politikus PDI Perjuangan Dewi Tanjung bersama koleganya akan melakukan aksi bertajuk Jakarta Bergerak yang menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mundur dari jabatannya akibat dinilai tidak mampu menangani banjir Jakarta yang terjadi di awal 2020.
 
Para peserta aksi diharapkan mengenakan baju berwarna hitam dalam acara yang sudah direncanakan sejak minggu lalu itu.
 
Meski demikian, rupanya ada dua aksi lain yang mendukung Anies agar tetap memimpin Jakarta lewat aksi Bela Anies dan Komunitas Bang Japar yang direncanakan akan mengenakan pakaian berwarna putih. (OL-1)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Pasien Sembuh di Wisma Atlet Kemayoran Bertambah 155 Orang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:55 WIB
Dalam sehari, pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran bertambah 155...
MI/Susanto

Tantangan New Normal di Transportasi Umum

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:15 WIB
Pengamat MTI Djoko Setijowarno mengatakan permasalahan terbesar new normal adalah bagaimana kemampuan kapasitas angkutan umum massal dapat...
 Dok Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI

Dinas Gulkarmat Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 46 Lokasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 08:25 WIB
Dinas Gulkarmat DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan atau sterilisasi lingkungan di fasilitas umum, fasilitas sosial, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya