Selasa 14 Januari 2020, 02:55 WIB

Pencak Silat Makin Dikenal di Dunia

MI | Olahraga
Pencak Silat Makin Dikenal di Dunia

ANTARA
Pencak Silat

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, kemarin, menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Federasi Pencak Silat Prancis Angga Perima di kantornya. Dalam pertemuan itu, Angga melaporkan bahwa perkembangan pencak silat di Eropa berkembang menuju arah yang lebih positif. Misalnya, telah banyak digelar kejuaraan pencak silat di benua itu.

Untuk saat ini, lanjut Angga, pengembangan pencak silat di Eropa tengah difokuskan untuk memantapkan kemampuan atlet dan pelatih. Itu bertujuan agar atlet dan pelatih bisa lebih percaya diri dalam mengikuti kompetisi.

Mengetahui hal tersebut, Zainudin mengatakan perkembangan tersebut sejalan dengan upaya untuk mengampanyekan pencak silat menuju Olimpiade. “Terima kasih. Nah, ini sejalan dengan kampanye kita untuk membuat supaya pencak silat dipertandingkan di Olimpiade,” kata dia.

Selain menjamu Angga, Zainudin juga kedatangan Duta Besar Indonesia untuk Kolombia Priyo Iswanto. Dalam pertemuan tersebut dibahas potensi kerja sama dibidang olahraga hingga mempromosikan olahraga Indonesia di Kolombia dan salah satunya ialah pencak silat.

“Kunjungan saya ini membahas tentang bidang olahraga. Pertama, cabang olahraga pencak silat. Pencak silat belum terlalu dikenal di Kolombia. Sedangkan di Indonesia, pencak silat sedang menggalakkan agar mendunia,” kata Priyo.

Langkah untuk mempromosikan pencak silat, lanjut Priyo, nantinya akan dilangsungkan forum ekshibisi. Itu dinilai sangat baik untuk memulai mengembangkan pencak silat di Kolombia.

“Kami harapkan negara lain bisa mengenal pencak silat. Kemudian, kebetulan ini kan pencak silat ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Ditetapkannya itu di Kolombia. Itu terdengar sangat nyaring, dengan demikian ini menjadi dorongan lebih besar untuk memperkenalkan pencak silat,” sebutnya Priyo yang juga mengatakan bulu tangkis juga tengah berkembang di Kolombia. (Beo/Kemenpora/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More