Senin 13 Januari 2020, 19:38 WIB

Mantan Panglima TNI Anggap Manuver Tiongkok Sebagai Tes

Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum
Mantan Panglima TNI Anggap Manuver Tiongkok Sebagai Tes

Dok.MI
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto

 

MANTAN Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto ikut angkat bicara soal manuver Tiongkok di Wilayah Perairan Natuna beberapa waktu belakangan ini.

Endriartono menyebut aktivitas kapal-kapal Tiongkok di Natuna lebih dari sekedar untuk mencari ikan melainkan kesempatan uji coba sejauh mana Indonesia mempertahankan kedaulatan wilayahnya.

"Manuver RRC di Laut Natuna utara, bukanlah sekedar nelayannya mencari ikan di wilayah yang diklaim sebagai wilayahnya. Itu test case," katanya  melalui akun twitternya @endrisutarto, Senin (13/1).

Menurut dia dalam upaya 'test case' tersebut Tiongkok sesungguhnya ingin mengetahui sejauh mana kekuatan Indonesia mempertahankan wilayahnya. Jika ternyata Indonesia dianggap lemah maka Tiongkok besar kemungkinan akan makin memperluas jangkauan penguasaannya.

"Kita lemah mensikapi, mereka lanjutkan dengan mengambil kekayaan lainnya karena kita dianggap mengakui klaim mereka. Maka cegah dengan upaya maksimal, tidak ada kompromi untuk itu," ucap Mantan Panglima TNI ke-14 tersebut (2002-2006).(OL-4)

Baca Juga

DOK DPR RI

Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM Produksi Masker Non-Medis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 13:12 WIB
Menurut Aria Bima dengan adanya wabah ini, usaha kecil sudah sangat kesulitan mendulang profit sehingga membutuhkan stimulus dari...
SETPRES/RUSMAN

RS Galang Bersiap Hadapi Serbuan TKI

👤Cah/P-2 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:25 WIB
Rumah sakit tersebut akan mempersiapkan diri menghadapi kepulangan 20 ribu tenaga kerja Indonesia dari Malaysia dan mulai beroperasi...
 Medcom.id

Omnibus Law dan RKUHP tidak Mendesak

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 04 April 2020, 07:15 WIB
Pelaksanaan fungsi legislasi DPR bisa dilakukan dengan memastikan penyusunan naskah akademik dan naskah draf...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya