Senin 13 Januari 2020, 13:00 WIB

Pengungsi Akibat Letusan Gunung Taal Terus Bertambah

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Pengungsi Akibat Letusan Gunung Taal Terus Bertambah

AFP/Ted ALJIBE
Warga Kota Tanauan, Provinsi Batangas, diungsikan menggunakan truk setelah Gunung Berapi Taal meletus

 

BERDASARKAN laporan dari Dewan Pengurangan Risiko Bencana dan Management Nasional (NDRRMC) Filipina, sebanyak 7.742 orang di wilayah Calabarzon, mengungsi di 38 pusat evakuasi setelah terjadinya erupsi gunung berapi Taal di Batangas, Minggu (12/1) sore.

Seperti dilansir kantor berita Filipina, PAN, laporan terbaru pada Senin (13/1) pagi, NDRRMC menunjukan ada sekitar 844 keluarga di Batangas, Filipina, dan 122 keluarga di Cavite dievakuasi di tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Bandara International Ninoy Aquino telah kembali beroperasi setelah ditutup karena turunnya hujan abu akibat letusan Gunung Berapi Taal.

Baca juga: Filipina akan Berikan Pinjaman untuk Petani Terdampak Gunung Taal

Bandara utama Ibu kota Filipina itu kembali dibuka untuk keberangkatan mulai pukul 10.00 waktu setempat dan untuk kedatangan pada pukul 00.00, kata Otoritas Bandara International Manila dan Otoritas Penerbangan Sipil Filipina

Mengutip dari akun media sosial maskapai penerbangan Cebu Pacific Air, pada pukul 12.00 waktu Filipina, Cebu Pacific Air secara progresif mulai melanjutkan penerbangan.

"Pada pukul 12.00, Cebu Pacific Air secara progresif melanjutkan penerbangan setelah abu jatuh di atas NAIA. Demi keselamatan semua, pesawat udara menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum diizinkan beroperasi," tulis Cebu Pacific Air dalam akun Twitter resminya.

Gunung Taal yang berada di selatan ibu kota Filipina, Manila, meletupkan abu dan uap sangat besar, Minggu (12/1).

Sebelumnya, Institut Vulkanologi dan Seimologi Filipina mengatakan Gunung Berapi Taal di Provinsi Batangas, selatan Manila, meletupkan uap, abu, dan kerikil hingga 6-9 mil ke langit, sehingga pihaknya meningkatkan peringatan tingkat 4 atas Gunung api Taal yang berarti letusan berbahaya mungkin terjadi dalam beberapa hari. (PNA/ABSCBN/OL-2)

Baca Juga

AFP/Getty Images/Justin Sullivan

Menlu AS Pertimbangkan Larangan Aplikasi Medsos Tiongkok

👤Antara 🕔Selasa 07 Juli 2020, 19:21 WIB
Sejumlah anggota parlemen AS telah menyampaikan isu tentang kekhawatiran keamanan nasional atas penanganan data pengguna...
AFP

12 Negara Ini Terbebas dari Korona, Mana Saja?

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Juli 2020, 18:40 WIB
Hampir 11,6 juta orang di seluruh dunia kini telah didiagnosis dengan Covid-19, dan lebih dari 537.000 telah...
AFP/Isaac Lawrence

Hong Kong Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 07 Juli 2020, 18:11 WIB
Pada Selasa (7/7) ini, ditemukan 14 kasus baru covid-19 dengan 9 kasus di antaranya merupakan transmisi lokal dan tanpa riwayat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya