Senin 13 Januari 2020, 13:30 WIB

Kamera ETLE di Jalan Tol dan Jalur Trans-Jakarta Masih Diuji Coba

Yurike Budiman | Megapolitan
Kamera ETLE di Jalan Tol dan Jalur Trans-Jakarta Masih Diuji Coba

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
Kendaraan melintas di Jalur bus Trans-Jakarta Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

 

KAMERA Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terpasang di jalan tol dan jalur Trans-Jakarta, masih dalam tahap uji coba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sedikitnya ada 12 kamera yang sudah terpasang dan masih diuji coba.

"Ada 6 kamera lagi yang juga masih diuji coba dari Jasa Marga. Trans-Jakarta itu ada 6 kamera yang sekarang lagi uji coba. Tapi yang 45 (kamera) itu nanti pada Februari berjalan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (13/1).

Sebanyak 45 kamera pengawas yang dimaksud ialah kamera yang akan ditambah di ruas jalan ganjil genap pada Februari 2020.

"Sebanyak 45 kamera yang rencana dipasang, ini sudah mulai. Insyaallah Februari nanti 45 kamera sudah terpasang seluruhnya," ujarnya.

Baca juga: Penumpang Ojek Daring Tewas Terlindas Tronton di Jalan Daan Mogot

Sementara, untuk ruas tol dalam kota yang dipasang kamera pengawas ini, Yusri belum memberi tahu lebih lanjut.

"Lihat data dulu," katanya.

Sebelumnya, dilansir laman NTMC Polri, sudah ada empat kamera milik Jasa Marga yang dipasang di empat titik berbeda. Titik tersebut di antaranya di Jalan Tol Prof Sedyatmo, Tanjung Duren, tol JORR, dan Cikampek.

Untuk 45 kamera tambahan yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, secara keseluruhan kamera tersebut bernilai Rp38,5 miliar.

Kamera pengawas ini mampu menjangkau semua kendaraan dalam radius 20 hingga 30 meter dari titik penempatan kamera. Kamera dapat menangkap gambar dan merekam gerak pengemudi. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More