Senin 13 Januari 2020, 12:11 WIB

3 Juta CPNS Lolos Tes Administrasi

Adin Azhar | Humaniora
3 Juta CPNS Lolos Tes Administrasi

ANTARA/Fikri Yusuf
Sejumlah peserta mengikuti simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Denpasar, Bali.

 

BADAN Kepegawaian Negara (BKN) rampung melakukan tes seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN)/Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tercatat 4.197.218 calon peserta telah melakukan pendaftaran di Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN.

"Sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (13/1).

Menurut Tjahjo, jutaan orang yang lolos menunjukkan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS. Dari jutaan peserta yang lolos, BKN masih akan menyaring CPNS via Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tes tersebut akan digelar pada 27-28 Januari 2020 dengan ujian berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Materi SKD meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi.

Baca juga: Menaker Canangkan Bulan K3 Nasional Tahun 2020

Para peserta, kata Tjahjo, akan memperebutkan 154.029 formasi. Formasi itu yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 37.584 formasi dan instansi daerah sebanyak 116.445 formasi.

"Panselnas CPNS mengucapkan terima kasih kepada menteri pendidikan dan kebudayaan yang telah bekerja keras dalam penyusunan naskah soal SKD," kata Tjahjo.

Dengan diserahkannya soal SKD, tim panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem cat BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi. Tjahjo mewanti-wanti agar proses ini dikerjakan dengan kehati-hatian.

Sebab harus ada jaminan kerahasiaan, keamanan data. Dia berharap proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN.

"Pada akhirnya dapat menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas guna mewujudkan kondisi indonesia yang lebih maju," kata Tjahjo. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More