Senin 13 Januari 2020, 11:35 WIB

Filipina akan Berikan Pinjaman untuk Petani Terdampak Gunung Taal

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Filipina akan Berikan Pinjaman untuk Petani Terdampak Gunung Taal

AFP/Ted Aljibe
Nelayan membersihkan debu dari kapalnya akibat letusan Gunung Taal

 

DEPARTEMEN Pertanian khususnya kantor Perikanan dan Sumberdaya Perairan, memantau situasi wilayah Batangas, Filipina, setelah letusan freatik gunung api Taal, Minggu (12/1) malam.

"Kami telah menginstruksikan Direktur Departmen Pertanian Kantor Lapangan Regional 4A Arnel de Mesa dan Direktur Kantor Perikanan dan Sumberdaya Perairan 4A Sammy Malvas untuk segera memberikan informasi terkini mengenai area risiko, petani yang terdampak, nelayan dan keluarga mereka serta bantuan yang sesuai," kata Menteri Pertanian Filipina William Dar seperti dilansir kantor berita filipina PNA.

Ia mengatakan, Departmen Pertanian melalui kebijakan dan kredit pertanian siap memberikan bantuan pinjaman darurat kepada petani dan nelayan terdampak.

"Kami dapat menyediakan pinjaman darurat sebesar PHP25.000 tanpa bunga serta dibayar dalam tiga tahun di bawah program pinjaman Survival and Recovery (SURE)," jelas Dar.

Baca juga: Gunung Berapi Taal Filipina Meletus, Ribuan Orang Dievakuasi

Dikatakanya, petani dan nelayan yang terdampak dapat memiliki opsi untuk meminjam jumlah yang lebih tinggi di bawah program pinjaman Agribisnis Mikro dan Kecil yang baru-baru ini diluncurkan.

Sementara itu, Dar menyebutkan prioritas Departmen Pertanian adalah memastikan keselamatan petani, nelayan dan masyarakat pedesaan lainnya termasuk hewan ternak.

Pihaknya juga menyarankan para petani dan nelayan untuk pindah ke tempat yang lebih aman seperti pusat-pusat evakuasi, mengamankan hewan ternak mereka dan mengamankan peralatan serta mesin pertanian.

Seluruh masyarakat juga disarankan menggunakan perlengkapan perlindungan yang sesuai, seperti masker wajah, kacamata, celana panjang, serta baju berlengan panjang, saat bepergian keluar rumah. (PNA/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More