Senin 13 Januari 2020, 11:45 WIB

Pemda Diminta Bersinergi Antisipasi Bencana

Indriyani Astuti | Humaniora
Pemda Diminta Bersinergi Antisipasi Bencana

ANTARA/Aji Styawan
Sejumlah alat berat beroperasi untuk memperbaiki tanggul Sungai Tuntang yang jebol di Desa Trimulyo, Guntur, Kabupaten Demak

 

DIREKTUR Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik meminta seluruh jajaran Kemendagri untuk bersinergi bersama masyarakat dalam mengantisipasi bencana.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi Inspektur Upacara di Halaman Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (13/1).

"Kami ingatkan, saat ini, musim hujan. Tentunya penting bagi kita sebagai mahluk sosial untuk bersinergi bersama tetangga-tetangga, juga masyarakat, lingkungan sosial kita untuk mengantisipasi berbagai dampak yang terjadi," kata Akmal.

Baca juga: KLHK Gelar Investigasi Penambangan Liar Penyebab Banjir

Akmal juga meminta jajaran Kemendagri untuk mempersiapkan diri agar bencana tidak menimpa lingkungan serta masyarakat sekitar.

"Kita juga melihat di media, bagaimana kejadian bencana luar biasa, dan tentunya kita harus mempersiapkan langkah-langkah agar bencana tidak menimpa diri kita, keluarga, serta masyarakat sekitar kita," ujarnya.

Sebelumnya, Mendagri juga telah mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Daerah di Indonesia untuk mengantisipasi bencana di musim penghujan dengan melakukan langkah-langkah strategis.

Hal itu dimaksudkan agar setiap daerah dapat mengantisipasi dengan baik potensi bencana di daerahnya, serta melakukan penanganan yang tepat manakala terjadi bencana. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More