Senin 13 Januari 2020, 07:50 WIB

Kepala Daerah Jangan Cari Untung

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Kepala Daerah Jangan Cari Untung

MI/Ramdani
Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa.

 

PARA calon kepala daerah yang bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 diminta tidak mencari untung dan mengutamakan kepentingan rakyat ketika terpilih menjadi pemimpin daerah.

"Terpenting, mereka yang akan ikut pilkada itu berjuang untuk kepentingan rakyat, kepentingan bersama dan publik," kata Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Kota Mataram, NTB, akhir pekan lalu.

Ia menekankan, seharusnya para kepala daerah tidak memiliki pekerjaan lain begitu terpilih. "Betul-betul pekerjaannya itu untuk mengabdi kepada masyarakat," tegasnya.

Karena itu, Suharso menekankan bahwa PPP akan menerapkan prinsip politik tanpa mahar untuk mengantisipasi pelanggaran pilkada. "Mahar politik tidak ada di PPP," ujarnya menegaskan.

Dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020, dia mendorong seluruh kader terbaik PPP ikut maju di pilkada. Kalau tidak ada kader, pihaknya tidak menutup mata untuk mendorong kader partai lain maju melalui PPP.

"PPP memiliki kader-kader terbaik dan tentunya kader yang paling utama didorong maju. Namun, kalau tidak ada, kader partai lain asalkan untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan partainya menjadikan gotong royong sebagai strategi kemenangan pada Pilkada 2020. Ia meyakini gotong royong yang diciptakan dari semangat pendiri bangsa mampu membawa perubahan yang sesungguhnya. "Karena saripati Pancasila ialah gotong royong," jelasnya.

Hasto mengungkapkan partainya sangat optimistis menghadapi Pilkada 2020. Bahkan, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sempat terharu ketika mendengarkan penjelasan dari beberapa dae-rah terkait dengan persiapan pilkada.

"Ibu Megawati sangat terharu ketika dari Papua dan beberapa daerah menyampaikan persoalan di daerahnya. Kita akan bergerak cepat," ujarnya.

Menurut dia, target kemenangan pilkada sampai saat ini masih dianalisis. Namun, pihaknya sudah punya banyak modal untuk memenangi Pilkada 2020. (Ant/P-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More