Senin 13 Januari 2020, 04:50 WIB

Shin Mulai Seleksi Skuad Garuda Muda

(Faj/R-1) | Sepak Bola
Shin Mulai Seleksi Skuad Garuda Muda

ANTARA FOTO ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong

 

PELATIH asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, akan mulai menyeleksi pemain timnas Indonesia U-19. Hari ini, skuad 'Garuda Muda'--julukan timnas U-19--akan memulai latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

Shin, bersama pelatih timnas U-19 Gong Oh-kyun dan asisten pelatih timnas U-19, Nova Arianto, akan memantau latihan yang diikui 59 pemain yang ikut seleksi. Nova mengatakan proses seleksi akan berakhir pada Jumat (17/1).

Menurutnya, dari 59 pemain, akan dipilih 30 nama yang akan melanjutkan latihan di Thailand. Di Thailand, jelas Nova, Shin akan berfokus untuk menggenjot fisik pemain.

"Coach Shin akan ada tes fisik (di Thailand). Selain itu, Coach Shin pelatih yang detail baik secara fisik technical, dan taktik," kata Nova kemarin.

Seperti dilansir laman resmi PSSI, dari 59 pemain yang dipanggil, 33 di antaranya merupakan pemain kompetisi Liga Elite Pro Academy (EPA) U-18 2019. Selain mereka, ada Khairul Imam Zakiri yang sedang terdaftar dalam tim Ceuta U-19 di Spanyol serta Jack Brown yang bermain di tim usia muda Lincoln City, Inggris.

Selain itu, ada beberapa nama yang menghuni skuad timnas U-19 arahan Fakhri Husaini. Di antaranya Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fatur, dan Bagus Kaffa. Nama-nama tersebut juga sedang menjalani program Garuda Select di Italia.

"Garuda Select tidak bisa pulang. Jadi mungkin Coach Shin yang akan ke Italia untuk memantau," ungkap Nova.

Di sisi lain, pengamat sepak bola Supriyono menilai Fakhri Husaini seharusnya diberi tempat di timnas U-19. Ia mengatakan Fakhri terbukti menerapkan pola permainan yang apik bagi Bagus Kahfi dan kawan-kawan.

"Fakhri pelatih yang luar biasa. Ia mampu membentuk chemistry di antara pemain. Minimal capaian beliau diapresiasi oleh PSSI," kata Supriyono.

Meski ia menyanjung pelatih timnas U-19 saat ini Gong Oh-kyun, menurutnya Fakhri harus menjadi bagian dalam staf kepelatihan karena mengenal pemain dengan baik. "Masing-masing punya kelebihan. Namun, kita tidak bisa pinggirkan Fakhri," Supriyono menegaskan. (Faj/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More