Minggu 12 Januari 2020, 18:35 WIB

Perbaikan Tanggul di Brebes Ditargetkan Rampung Pekan Depan

Supardji Rasban | Nusantara
Perbaikan Tanggul di Brebes Ditargetkan Rampung Pekan Depan

MI/Supardji Rasban
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Sungai Babakan dari Jembatan Sungai Babakan di Daesa/ Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengecek infrastruktur yang terdampak banjir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (12/1).
Dalam kesempatan itu, dia antara lain meninjau perbaikan tanggul di dekat Sungai Babakan di Desa/Kecamatan Ketanggungan, Bendungan Cisadap di Desa Buara, dan juga meninjau tanggul jebol di bagian hulu Sungai Babakan yakni Desa Cikeusal Lor.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu banjir bandang merendam sedikitnya enam desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah akibat meluapnya Sungai Babakan. Menteri PUPR menyebut pihaknya segera memerintahkan jajarannya untuk memperbaiki sejumlah tanggul yang jebol di bantaran Sungai Babakan dan juga mengeruk Bendung Cisadap sesegera mungkin.

"Tidak hanya memperbaki tanggul yang jebol dan bendung yang dangkal Sungai Babakan juga saya perintahkan untuk dilebarkan," ujar Basuki usai melihat tanggul jebol yang sudah mulai diperbaiki dari atas Jembatan Sungai Babakan, Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan, Mingggu (12/1).

Basuki menargetkan perbaikan tanggul yang jebol dan pengerukan pendangkalan Bendungan Cisadap paling lama sepuluh hari. "Atau kalau tidak dalam seminggu ini sudah selesai," ucapnya.
Terkait penanggulangan sejumlah tanggul kritis di sejumlah sungai lainnya juga akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dan BBWS Cimanuk Cisanggarung. "Perbaikan tanggul ini merupakan upaya pencegahan banjir karena curah hujan tinggi masih akan terjadi hingga Maret mendatang," pungkasnya.

Akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu (8/1) petang hingga malam, Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah meluap dan merendam sekurangnya enam desa yang berada di sekitar bantaran sungai. (A-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Harga Cabai di Pidie Kembali Normal

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 07:05 WIB
Harga cabai merah di Pidie sebelumnya Rp45 ribu per kg menjadi Rp25 ribu. Harga cabai hijau dan cabai rawit juga turun. Penyebabnya daya...
MI/Djoko Sardjono

Operasi Sikat Jaran Candi 2020, Polres Klaten Amankan 40 Motor

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 07:00 WIB
Polres Klaten mengamankan 40 sepeda motor curian dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020. Operasi ini menargetkan kasus pencurian dengan...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Pemkot Surabaya Siap Ubah Perwali 33/2020

👤Antara 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 06:26 WIB
Pemkot Surabaya siap mengubah Perwali Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pedoman Normal Baru menyesuaikan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya