Minggu 12 Januari 2020, 08:39 WIB

Wabah Pneumonia Misterius di Tiongkok Tewaskan Korban Pertama

Basuki Eka Purnama | Internasional
Wabah Pneumonia Misterius di Tiongkok Tewaskan Korban Pertama

AFP/NOEL CELIS
Tim kesehatan Tiongkok meninggalkan pasar boga bahari Huanan di Kota Wuhan. Pasar itu diduga sebagai pusat penyebaran virus misterius.

 

SEORANG pria berusia 61 tahun menjadi orang pertama di Tiongkok yang tewas akibat penyakit pernafasan yang diduga disebabkan sebuah virus baru dari keluarga yang sama seperti SARS, virus yang menewaskan ratusan orang, lebih dari satu dekade lalu.

Sebanyak 41 orang dengan gejala seperti pneumonia telah didiagnosa mengidap virus baru itu di Wuhan, dengan satu orang tewas. Hal itu diungkapkan Komisioner Kesehatan kota tersebut di laman daring mereka, sabtu (11/1).

Tujuh orang lainnya berada dalam kondisi kritis, dua orang diizinkan pulang, sementara sisanya dilaporkan dalam kondisi stabil.

Baca juga: Tsai Ing-wen Terpilih Kembali Jadi Presiden Taiwan

Wabah itu meningkatkan kekhawatiran mengenai kemungkinan ulangan wabah SARS (SUdden Acute Respiratory Syndrome) yang terjadi pada 2002-003 dan menewaskan 249 orang di Tiongkok dan 299 lainnya di Hong Kong.

Komisioner kesehatan Wuhan mengatakan pria yang tewas itu diketahui membeli barang dari sebuah pasar boga bahari yang diidentifikasi sebagai pusat penyebaan penyakit itu.

Pria yang disebut juga memiliki masalah kesehatan lain, termasuk penyakit hati kronis, meninggal dunia di rumah sakit pada Kamis (9/1) karena gagal nafas dan pneumonia parah.

Tidak ada kasus baru yang diidentifikasi sejak 3 Januari. (AFP/OL-2)

 

Baca Juga

AFP / PAU BARRENA

Di Spanyol, Hotel Bintang Lima Jadi Karantina Pasien Covid-19

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 04 April 2020, 13:04 WIB
Di kota terbesar kedua di Spanyol, Barcelona, para pelaku bisnis perhotelan telah menyediakan 2.500 tempat tidur untuk pasien...
AFP/MOHD RASFAN

​​​​​​​98 Pelanggar Lockdown di Malaysia Didenda

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:35 WIB
Enam orang didenda RM850 masing-masing atau 15 hari penjara sementara tiga orang lainnya didenda RM900 atau sebulan...
MI/GRAFIK

Peneliti Monash University Temukan Obat Potensial Lawan Covid-19

👤Dwi Tupani 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:21 WIB
Para ilmuwan menunjukkan bahwa obat anti-parasit yang dimaksud yaitu, Ivermectin mampu menghentikan pertumbuhan virus SARS-CoV-2 yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya