Minggu 12 Januari 2020, 08:20 WIB

Tiga Angka demi Membidik Posisi Dua

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Tiga Angka demi Membidik Posisi Dua

AFP/Paul ELLIS
Pemain Aston Villa, Marvelous Nakamba (kiri) berebut bola dengan pemain Manchester City, Phil Foden.

 

TIGA poin menjadi hal wajib yang harus didapat Manchester City saat berkunjung ke Villa Park, malam ini. Kemenangan atas tuan rumah Aston Villa di match day ke-22 Liga Primer musim ini, akan menjaga asa City untuk mengincar posisi dua klasemen sementara yang kini diduduki Leicester City.

Dengan poin 44, City yang berada di peringkat tiga, tertinggal satu poin dari Leicester. Terpaut 14 poin dari Liverpool yang berada di posisi puncak, menjadi runner up di akhir musim menjadi target paling realistis bagi City.

Di atas kertas, pasukan Pep Guardiola tidak akan sulit untuk membawa pulang poin maksimal. Dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Villa, The Citizens, tidak terkalahkan dengan raihan enam kemenangan dan sekali imbang.

Namun, Guardiola tidak ingin memandang enteng Villa yang kini menempati peringkat ke-17. Tekad membalas keka-lahan 0-3 dalam pertemuan pertama musim ini di Etihad Stadium, dinilai Guardiola akan menjadi penyemangat pemain Villa saat tampil di kandang    

“Mereka merupakan salah satu klub yang bersejarah dengan stadion yang fantastis. Mereka sejauh ini telah mengubah skema permainan dengan menempatkan lima pemain di lini pertahanan,” ujar Guardiola.

Di kubu Villa, pelatih Dean Smith sadar tim asuhannya bukan unggulan walau bermain di kandang. Menghadapi City dinilai menjadi salah satu tugas terberat bagi Jack Grealish dan kolega. Namun, Smith meyakini timnya bisa membuat kejutan menumbangkan City seperti yang dilakukan Wolverhampton akhir Desember lalu.

Dari Seri A Liga Italia, laga berat harus dilakoni Juventus saat harus tandang ke Stadion Olimpico menghadapi AS Roma dini hari. Kemenangan menjadi wajib didapat ‘si Nyonya Tua’ jika ingin menjaga peluang menggeser Inter Milan dari puncak klasemen. Sama memiliki poin 45, Juventus kini berada di posisi dua karena kalah selisih gol.

Namun, menang atas Roma di Stadion Olimpico menjadi hal yang sulit dicapai Juventus yang terakhir kali menundukkan Roma di Olimpico pada 2014. Musim ini, Olimpiaco juga menjadi satu-satunya stadion yang menjadi saksi tumbangnya ‘si Nyonya Tua’. Saat menghadapi Lazio yang juga bermarkas di Stadion Olimpico, pada 8 Desember 2019, Juventus secara mengejutkan tumbang 1-3. (BBC/AFP/Mal/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More