Minggu 12 Januari 2020, 07:29 WIB

KPK Amankan Miliaran Rupiah dari Rumah Dinas Bupati Sidoarjo

Heri Susetyo | Politik dan Hukum
KPK Amankan Miliaran Rupiah dari Rumah Dinas Bupati Sidoarjo

MI/Heri Susetyo
Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seusai menggeledah rumah dinas Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/1)

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu (11/1) malam,  kembali menggeledah rumah dinas Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di pendopo dan menyita uang pecahan miliaran rupiah serta ratusan ribu mata uang asing.

KPK juga menggeledah kantor tepatnya  ruang kerja bupati serta ruang unit layanan pengadaan (ULP) dan menyita sejumlah dokumen terkait pengadaan proyekdi lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Penggeledahan yang dilakukan 12 penyidik KPK di tiga tempat tersebut berlangsung selama lebih dari 16 jam.

Dalam penggeledahan yang dikawal aparat polisi bersenjata lengkap itu, KPK berhasil mengamankan uang miliaran rupiah serta sejumlah dokumen.

Baca juga: KPK Sita Rp1 Miliar dari Rumah Dinas Bupati Sidoarjo

Uang miliaran rupiah berhasil disita KPK dari dalam rumah dinas bupati Sidoarjo yang terletak di kawasan Pendopo Delta Tirta. Terdiri dari uang pecahan Rp1 miliar serta ratusan ribu uang dalam bentuk mata uang asing dolar Amerika, dolar Singapura, serta mata uang asing lain.

Semua barang bukti dari rumah dinas Bupati Saiful Ilah tersebut dimasukkan dalam empat koper besar, sejumlah kardus air mineral, serta beberapa tas jinjing. Semua barang bukti dimasukkan dalam tiga unit kendaraan yang dibawa KPK.

Selain di rumah dinas bupati, KPK juga menggeledah kantor bupati Sidoarjo. Di kantor bupati Sidoarjo, KPK menggeledah ruang kerja bupati serta ruang ULP. Di dua ruang tersebut, KPK menyita sejumlah dokumen yang diduga terkait pengadaan proyek di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Penggeledahan itu sendiri berlangsung selama sekitar 16 jam dari Sabtu (11/1) hingga Minggu (12/10 dini hari. Puluhan

awak media hanya bisa mengawasi dan menunggu penggeledahan KPK dari kejauhan. Awak media tidak bisa mendekat karena dilarang petugas yang berjaga.

"Alhamdulilah, akhirnya KPK keluar juga setelah menggeledah," kata Ismail, salah satu awak media yang menunggu proses penggeledahan selesai.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah tertangkap tangan KPK pada Selasa (7/1)  terkait dugaan menerima uang suap fee proyek dari kontraktor. Total nilai uang suap yang disita saat OTT mencapai lebih dari Rp1,8 miliar.

Dua kepala dinas serta satu pegawai dinas juga terjaring OTT tersebut dan sudahdijadikan tersangka bersama bupati. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More