Minggu 12 Januari 2020, 01:13 WIB

Megawati : Politik Bebas Aktif Indonesia untuk Perdamaian

mediaindonesia.com | Internasional
Megawati : Politik Bebas Aktif Indonesia untuk Perdamaian

Dok. PDIP
Rakernas I PDIP

 

BEBAS aktif bukan berarti mengambil sikap netral atau jadi penonton terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia. Bebas bukan berarti tidak punya pendirian, bukan berarti pula cuci tangan, bukan berarti defensif atau apologetis.

"Kita aktif, kita berprinsip, kita berpendirian. Prinsip kita, kita tegaskan pada dunia adalah Pancasila," ujar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat membuka Rakernas I PDIP dan HUT Ke-47 partai politik itu, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

Baca juga : Pilkada 2020, PDIP Bisa Ajukan Calon Tanpa Koalisi di 44 Daerah

Menurutnya, pendirian politik luar negeri bebas-aktif adalah aktif menuju perdamaian dan kesejahteraan dunia. Aktif pada persahabatan segala bangsa, aktif dalam memperjuangkan lenyapnya penindasan kepada bangsa mana pun.

Politik ebas aktif tersebut secara aktif pula harus dicerminkan dalam hubungan ekonomi dengan luar negeri. Hal tersebut lagi-lagi dimulai dari riset nasional kita.

"Prinsip politik luar negeri bebas aktif ini saya yakini dipegang teguh oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini dibuktikan dengan sikap tegas Presiden Jokowi dalam menangani konflik di perairan Natuna," tuturnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP PHOTO/Ozan Kose/Berkcan Zengin/Mert Cakir/Bulent Kilic

Rasanya 10 Menit seperti tidak akan Berakhir

👤AFP/Nur/Wan/X-8 🕔Minggu 01 November 2020, 03:24 WIB
Survei Geologi AS menyebutkan gempa berkekuatan magnitudo 7,0 terjadi di 14 kilometer dari Kota Karlovasi, Samos, Yunani. Sebagian besar...
MI/RommyPujianto

Tokoh Katolik Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Macron

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:39 WIB
Menurutnya, pernyataan kontroversial tersebut mengganggu langkah umat Islam dan Kristen yang sedang membangun persaudaraan dan...
AFP/Karen Minasyan

Armenia-Azerbaijan Sepakat Redakan Konflik Nagorno-Karabakh

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:46 WIB
Kesepakatan tersebut dicapai selama pembicaraan di Jenewa antara menteri luar negeri kedua negara dan utusan dari Prancis, Rusia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya