Sabtu 11 Januari 2020, 13:20 WIB

UMB Ajak Warga DKI Budayakan Tak Buang Sampah Sembarangan

mediaindonesia.com | Humaniora
UMB Ajak Warga DKI Budayakan Tak Buang Sampah Sembarangan

Istimewa
Universitas Mercu Buana (UMB) melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat pada awal Januari 2020 dengan melakukan kegiatan peduli banjir

 

PERGURUAN  tinggi berkewajiban menyelenggarakan  pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu  pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana diamanahkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20.

Sejalan dengan kewajiban tersebut, Universitas Mercu Buana (UMB) melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat pada awal Januari 2020 dengan melakukan kegiatan peduli banjir pada salah satu kelurahan binaan, yaitu Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Dr. Inge Hutagalung, M.Si, menyatakan bahwa Universitas Mercu Buana sejak tahun 2017 telah aktif membantu Pemerintah Daerah Jakarta Barat dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan tersebut bertujuan menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan keahlian civitas akademika yang relevan,  memfaatan teknologi tepat guna; menembangkan bahan ajar atau modul pelatihan untuk pengayaan sumber belajar, mengubah  perilaku ke arah yang positif, dan melakukan kegiatan yang mampu meningkatkan mutu lingkungan,” papar Inge di Jakarta, Sabtu (11/1).

Lebih lanjut, Inge menjelaskan terkait banjir di wilayah Jakarta Barat, perlu lebih ditingkatkan sosialisasi budaya bersih di kalangan masyarakat.  “Budaya membuang sampah sembarangan adalah salah satu penyebab munculnya banjir di lingkungan Jakarta,” ujarnya.

Menurut Inge, melalui kegiatan sosialisasi budaya bersih diharapkan akan tumbuh kesadaran masyarakat dalam upaya menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan.

“ Sosialisasi budaya bersih lingkungan termaksud harus dimulai sejak dini mulai dari proses pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berlanjut pada tingkat pendidikan tinggi, dan dimulai dari keluarga,” jelas Inge.

Penyerahan bantuan banjir untuk Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat diterima langsung oleh Lurah Kembangan Utara, Jakarta Barat, Rudi Haryanto.

Dalam sambutannya, Lurah Kembangan Utara Rudi Haryanto mengucapkan terima kasih atas kepedulian sivitas akademika Universitas Mercu Buana.

Rudi juga  berharap agar Universitas Mercu Buana dapat membantu sosialisasi budaya bersih di kalangan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang variatif dan inovatif, dalam upaya lebih membudayakan bersih di lingkungan masyarakat, khususnya Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. (OL-09)

Baca Juga

DOK BRI

Dorong Kelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

👤S2-25 🕔Senin 26 Oktober 2020, 03:23 WIB
Bank BRI melalui program ‘BRI Bersih-Bersih Kali’ telah mengembalikan fungsi dan peran Sungai Kalisari Kampung Pelangi sebagai...
ANTARA

Krisdayanti Tetap Mendoakan Anaknya

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 03:15 WIB
ANGGOTA DPR dan penyanyi Krisdayanti (KD), 45, mengakui anaknya, Aurel Hermansyah, tidak pernah bicara kepadanya soal rencana...
ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

Awas Klaster Banjir dan Libur Panjang

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 02:44 WIB
Selain di pengungsian, klaster baru penularan covid-19 dikhawatirkan muncul tatkala masyarakat merayakan cuti...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya