Minggu 12 Januari 2020, 06:10 WIB

Gerbang Matahari, Pintu Utama Spanyol

Rin/M-2 | Weekend
Gerbang Matahari, Pintu Utama Spanyol

MI/THALATIE K YANI
Gedung Casa de Correos.

DIBANGUN pada abad ke-15, Puerta del Sol alias Gerbang Matahari, awalnya merupakan gerbang dari benteng yang mengelilingi kota. Kini, alun-alun berbentuk setengah lingkaran itu menjadi salah satu titik keramaian di Ibu Kota Spanyol tersebut.

Di situ, terdapat Gedung Casa de Correos yang dibangun pada abad ke-18 yang menjadi bangunan pemerintahan. Dulu bangunan ini merupakan kantor pos dan tepat di puncaknya ada lonceng yang biasanya dibunyikan pada pergantian tahun. Di Spanyol, ada tradisi saat lonceng mulai dibunyikan pada Tahun Baru, masyarakat harus mengonsumsi 12 butir anggur sebelum bunyi lonceng berakhir sebagai pembawa keberuntungan.

Di depan pintu Casa de Correos, ada pula tanda titik nol kilometer. Titik itu merupakan awal dari seluruh jalan utama di Spanyol. Tak mengherankan bila orang ramai mengantre untuk bisa berfoto di titik tersebut.

Di sisi lain dari bangunan ini ada Oso y Madrono, lambang dari kota  Madrid. Oso y Madrono merupakan beruang yang mencium pohon stroberi. Patung ini pun kerap dijadikan titik tempat pertemuan masyarakat Madrid.

Ada pula Plaza de Mayor yang terkenal dengan patung Philip III yang menunggangi kuda. Patung yang didesain Giambologna dan diselesaikan Pietro Tacca pada 1616 ini awalnya diletakkan di depan Casa de Campo hingga 1848. Sampai Ratu Isabel II meminjamnya untuk kota dan diletakkan di Plaza Mayor.

Di awal Desember lalu, di dekat patung Philip III ini ditempatkan instalasi pohon Natal berukuran besar. Saat hari mulai gelap, pohon ‘menyala’ dengan warna biru dan putih terang.

Belanja

Puerto del Sol juga diramaikan deretan toko, dari jenama-jenama terkenal sampai suvenir khas Spanyol. Aneka suvenir mulai kaus, tempelan kulkas, cokelat, nougat, pin ataupun gantungan kunci, serta minuman khas Spanyol, sangria, dalam botol berbentuk banteng pun tersedia.

Kalau tak ingin berbelanja, foto-foto pun asyik juga sebab semua toko di sini merupakan bangunan lama, mengikuti desain Eropa abad ke-18. Atau sekadar menyamil churros di sejumlah kios yang tersebar.

Churros yang dilapisi dengan gula dan kayu manis ini sangat pas dipadukan dengan minuman cokelat panas. Sayangnya, bila cokelat yang pekat dan manis itu dikonsumsi terlalu banyak akan membuat tenggorokan kering dan mencari segelas air putih.

Masyarakat yang berkunjung ke Puerto del Sol ini memang cukup ramai, jadi hati-hati dengan belanjaan dan tas Anda. Jangan langsung geer jika ada pria atau wanita rupawan menegur dan mengajak Anda mengobrol. Salah-salah itu ialah komplotan copet yang mengincar dompet Anda. (Rin/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More