Minggu 12 Januari 2020, 05:55 WIB

Suatu Sore di Bernabeu

Thalatie K Yani | Weekend
Suatu Sore di Bernabeu

MI/THALATIE K YANI
Stadion Santiago Bernabeu.

BERWISATA ke Madrid, Spa­nyol, belum afdal bila belum berkunjung ke markas klub sepak bola satu ini, Estadio Santiago Bernabeu. Ya, tidak salah lagi, Stadion Santiago Berna­beu ialah kandang Real Madrid.

Untuk berkunjung ke stadion itu sangat mudah. Selain menggunakan bus, bisa juga dengan kereta bawah tanah, alias metro. Media Indonesia dan beberapa rekan yang tengah di Madrid untuk meliput United Nations Climate Change Conference (COP 25), memilih opsi kedua. Pada suatu sore, awal Desember lalu, kami menaiki kereta di jalur 10 dan kemudian turun di Stasiun Santiago Bernabeu. Pintu keluar metro sudah langsung berhadapan dengan stadion berkapasitas 120 ribu penonton itu.

Sayangnya, saat bertandang ke sana awal Desember 2019, stadion tengah direnovasi. Meski terlihat logo dari stadion, kami tidak bisa langsung mendekati stadion karena terhalang dengan pagar pembatas proyek renovasi.

Sempat kecewa, tapi setelah berjalan sekitar 300 meter memutari stadion, kami menemukan loket untuk Tour Bernabeu. Ada beberapa jenis tur yang tersedia. Tur tanpa pemandu dibanderol 25 euro atau sekitar Rp385 ribu dengan panduan audio 31 euro (setara Rp478 ribu) dan dengan pemandu tur 41 euro (sekitar Rp631 ribu). Selain tiket, setiap orang yang membeli tur tersebut juga mendapatkan buku panduan dan kartu The Bernabeu Challenge.

Dari loket pembelian tiket, kami kembali berjalan sekitar 50 meter ke salah satu pintu masuk untuk melalui pintu pemeriksaan. Bagi mereka yang membawa kamera profesional, siap-siap dihentikan petugas karena kamera profesional harus dititipkan.

Setelah pemeriksaan, kami menaiki eskalator ke lantai 3, menuju  museum klub sepak bola yang lahir pada 6 Maret 1902. Suasana layaknya di pertandingan sepak bola pun mulai terasa saat memasuki museum. Perangkat audio mengumandangkan chant alias nyanyian dukungan kepada klub, dibarengi suara komentator yang terdengar jelas, menggambarkan jalannya pertandingan dan teriakan gol yang membahana. Keriuhan tersebut langsung menyambut para pengunjung.

Museum dimulai dengan serangkaian cerita awal perjalanan Real Madrid yang sudah 13 kali menjuarai Piala Champion tersebut, dari foto, piala, seragam, dan perlengkap­an klub dipajang rapi dengan keterangan dipasang di sisi displai.

Di satu sisi kita dapat melihat piala, di sisi lainnya kita dapat menyimak sejarah perjalanan klub ini melalui audiovisual interaktif. Semua data dan video pertandingan bisa dilihat dari layar dan kita tinggal mengetik dan memilih momen yang diinginkan.

Museum yang sebenarnya berada di selasar stadion ini mengajak semua mengitari stadion dengan cara yang unik. Museum pun dibagi per periode waktu. Bukan semata piala yang dipertandingkan, melainkan juga jersei para pemain yang dipajang. Tidak ketinggalan tiga Ballon d’or dan jersei yang berisikan tulisan dan tanda tangan mantan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo. Jangan lewatkan pula Kings or Europe room, ruangan yang menampilkan 13 piala Liga Eropa lengkap dengan audio dan videonya.

Yang juga tak boleh ketinggalan ialah kesempatan melihat lapangan hijau dari Real Madrid. Ada dua tempat yang memungkinkan kita melihat lapangan rumput. Anda akan diajak melihat suasana lapang­an rumput dari ketinggian serta dari tempat duduk para pemain dan pelatih yang tepat di samping lapangan. Sayangnya, waktu kami ke sana lapangan tengah disinari dengan lampu khusus. Lampu itu guna merawat rumput di lapangan dari suhu udara dingin.

Setelah puas berfoto di lapangan hijau dan menjajal kursi dari pemain, saatnya melangkah masuk lagi ke stadion. Kali ini jangan lupa bergaya bak para pemain. Pasalnya, Anda diajak langsung ke kamar ganti pemain, termasuk ke kamar mandi mereka.

Jangan lupa melangkahkan kaki ke ruangan pers dan bagi Anda para Madridista--panggilan penggemar Real Madrid--yang sudah mengisi The Bernabeu Challenge untuk bisa menjadi anggota klub.

Foto bersama

Ketika menelusuri museum, ada dua spot yang membuat orang mengantre untuk mengambil foto.

Spot pertama, pengunjung bisa berfoto dengan replika piala Liga Champion. Di spot berikutnya, kita bisa berfoto dengan pemain favorit di Real Madrid. Eits tunggu dulu, jangan berharap bertemu pemainnya langsung. Foto dengan pemain tersebut hanya hasil suntingan yang dilakukan petugas dari tur ini.

“Pemain mana yang ingin Anda foto bersama? Sergio Ramos Garcia, Marcelo Vieira da Silva Junior?” ujar petugas sambil menyebutkan beberapa nama pemain Real Madrid saat giliran kami.
Jangan khawatir bila Anda tidak hafal siapa saja pemainnya. Cukup bilang saja pemain terbaik atau kapten tim. Mereka pun langsung mengarahkan Anda untuk mengambil posisi di depan layar hijau.

Di sesi ini kita diberi dua kali pengambilan gambar. Pertama dengan pemain favorit Anda, kedua dengan anggota tim yang lain.

Semua foto-foto itu bisa Anda dapatkan di akhir tur, tepatnya di Tienda Bernabeu, official merchendise store Real Madrid. Anda bisa memilih mencetak seluruh foto atau cukup satu. Tentu saja dengan harga yang sudah ditentukan mereka, ya. Tenang, kalau ingin mencetaknya di kesempatan berbeda, petugas akan memberikan kartu QR yang berisikan foto Anda.

Nah, pastikan Anda membeli suvenir di sini sebab semuanya ialah produk resmi Real Madrid. Bukan kaleng-kaleng. (M-2)

Baca Juga

Antara

Ayo, Jelajahi Keindahan Indonesia dari Rumah

👤Abdillah Marzuqi 🕔Sabtu 04 April 2020, 12:50 WIB
Salah satu episode menceritakan sejarah dan budaya Kota Tarakan di Kalimantan...
 Olivier DOULIERY / AFP

Hati-hati, Jangan Sembarangan Gunakan Aplikasi Video Conference

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 04 April 2020, 09:30 WIB
Dengan jutaan orang yang bekerja dari rumah, departemen TI perusahaan tidak selalu dapat mengontrol aplikasi apa yang diinstal pada...
 AFP/Ismael Akbar /BUNDESWEHR German Army

Dilema di Tengah Pandemi, Antara Pengawasan dan Hak Privasi

👤Abdillah Marzuqi 🕔Sabtu 04 April 2020, 08:00 WIB
Hal yang paling dikhawatirkan oleh para pemerhati HAM adalah penyalahgunaan untuk kepentingan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya