Sabtu 11 Januari 2020, 19:17 WIB

Asrama Polisi di Balikpapan Terbakar

Rugi Agung | Nusantara
Asrama Polisi di Balikpapan Terbakar

Ilustrasi
Kebakaran

 

SEDIKITNYA14 rumah di Wisma Segara Asrama Polisi kawasan Pasar Baru, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, Balikpapan, hangus terbakar, Sabtu (11/1) siang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan Suseno, menjelaskan api berkobar menghanguskan dua blok rumah, Sabtu siang.

Sedangkan blok lain yang menjadi dampak musibah ini, masih dalam pendataan. ''Yang terbakar Blok A dan B Asrama Polisi Segara di Pasar Baru ini,'' ujarnya.

Ia menjelaskan, titik api menyebar begitu cepat dan merambet di perumahan Wisma  Segara RT 28 Barak Blok B No 1-10. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. "Data sementara, korban terdampak ada 10 KK dengan 38 jiwa," jelasnya.

Korban terdampak untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman. Untuk dugaan penyebab dan dari mana asalnya, pihak BPBD belum bisa memastikan. Dugaan sementara terjadi korsleting listrik.

''Kita belum tau pasti penyebabnya. Kalau titik apinya menurut informasi di lapangan,  dari bagian tengah rumah di Blok B,'' jelasnya.

Api disertai asap tebal tampak membumbung tinggi ke langit. Lokasi kejadian dipadati warga yang turut membantu musibah itu.

''Alhamdulillah sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa,'' tegasnya.

Saat api berkobar, tak lama petugas pemadam kebakaran dari BPBD Balikpapan tiba. Selain itu, petinggi di jajaran Polda Kaltim dan
Forkopimda Balikpapan tampak  membantu melakukan pemadaman.

Tampak pula Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi,
Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, ikut membantu memadamkan api.

Kehadiran Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono untuk memastikan jika anggotanya tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam musibah ini.

''Saya mau pastikan keluarga saya disini tidak ada korban jiwa,'' ujar Kapolda. Ia  beberapa kali terlihat sibuk melakukan kordinasi dengan
petugas pemadam.

Setelah hampir satu jam api berhasil dipadamkan, Kapolda memeriksa setiap wisma polisi satu-persatu untuk memastikan tidak ada api lagi.

''Alhamdulillah saya pastikan tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam musibah ini,'' ujar Kapolda. Usai api dipadamkan, ia segera  
menginstruksikan personil Brimob Polda Kaltim untuk membantu membuat posko korban kebakaran di sekitar asrama.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menuturkan, Pemkot akan membangun posko pengungsian sementara. Selain itu upaya tanggap darurat untuk jangka pendek membantu korban akan segera diberikan.

"Seperti makanan, tempat tidur kita bantu selanjutnya dilakukan penataan untuk dibangun kembali," tutur Rizal. Dari musibah ini kerugian materil sementara diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More