Sabtu 11 Januari 2020, 17:32 WIB

Kosmetik Berbahan Baku Kecoa

Antara | Humaniora
Kosmetik Berbahan Baku Kecoa

re-tawon.com
Kecoa amerika

 

KECOA jenis Periplaneta americana atau yang jamak dikenal sebagai kecoa Amerika kini digunakan sebagai bahan dalam kosmetik.
 
Kecoa Amerika berwarna cokelat kemerahan dengan panjang sekira 1,6 inci saat dewasa dan bisa terbang. Di Tiongkok kecoa juga dikembangkan untuk kosmetik dan obat.

''Itu bukan seperti kecoa-kecoa yang Anda lihat di rumah, mereka itu kecoa Jerman. Ada ratusan spesies kecoa tapi cuma jenis ini yang punya nilai medis. Ini asli dari provinsi Guangdong,'' kata Wang Fuming, peternak kecoa kenamaan dari provinsi Shandong, China pada Telegraph.
 
Seorang profesor di Universitas Pertanian Shandong yang juga pemimpin Asosiasi Serangga di provinsi Shandong, Liu Yusheng mengatakan kecoa adalah obat ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit lebih cepat dibanding obat lain.
 
Dalam bidang kosmetik, kecoa bubuk bisa dibuat krim untuk mengobati luka bakar di beberapa rumah sakit di Tiongkok.
 
Di Korea, krim kecoa bisa disulap jadi masker wajah. Sementara, sirup kecoa bisa jadi obat maag sampai TB paru.
 
Sejak 2011-an, permintaan kecoa di peternakan Wang melonjak. Peternakan Wang bisa panen sampai lebih dari 100 ton kecoa setahun. Dia punya delapan pekerja.
 
Kecoa-kecoa dibunuh sebelum mencapai empat bulan karena saat itu sayapnya akan tumbuh sempurna dan mereka akan bisa terbang.
 
Caranya, kecoa-kecoa akan dimasukkan dalam sebuah panci besar dan direbus.
 
Wang menghabiskan 160.000 euro untuk membangun peternakan kecil termasuk menyelimuti ruangan dengan plastik supaya kecoa tidak kabur.
 
Tapi tiap tahun dia utung setidaknya 30.000 euro sampai 90.000 euro.  Istri Wang, Li Wanrong mengaku rambutnya yang sempat botak jadi tumbuh sehat setelah membuat larutan semprot dari kecoa.
 
''Aku mengaplikasikannya dari kulit kepala. Rambutku tumbuh lagi. Aku juga pakai masker wajah kecoa, orang-orang bilang aku awet muda.'' katanya. (OL-11)
 

 

Baca Juga

MTVN/ Dheri A

Inovasi Digital untuk Benahi Museum

👤Suryani W Putri Pertiwi 🕔Minggu 01 November 2020, 03:50 WIB
Virtual tour museum menguntungkan bagi pengunjung museum dari berbagai daerah. Ini dijadikan solusi agar museum-museum kembali...
Antara/Medcom.id

Skenario Antisipasi Kemacetan telah Disiapkan

👤Ins/Put/X-10 🕔Minggu 01 November 2020, 03:02 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario mengurai volume kendaraan dengan menggratiskan biaya tol ketika volume...
Dok. Pribadi

BWA Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih di Lereng Gunung Slamet

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:36 WIB
Setiap musim kemarau, warga lereng Gunung Slamet dan Pesantren At-Tholibiyah yang berada di Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah ini akan mengalami...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya