Sabtu 11 Januari 2020, 16:18 WIB

Nelayan Natuna Kembali Melaut

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Nelayan Natuna Kembali Melaut

Antara
Nelayan kembali melaut

 

SEJUMLAH nelayan Natuna kembali melaut yang sebelumnya terganggu dengan hadirnya kapal Coast Guard Tiongkok yang mengawal nelayan mereka melaut.

"Sudah kembali melaut dan sudah tidak ada lagi kapal nelayan asing. Sudah merasa nyaman dan tidak ada lagi aktifitas yang diisi nelayan asing," Kata Dedek Ardiansyah, di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (11/1).

Diketahui bahwa nelayan melaut mulai 12 hari hingga 14 hari mulai dari berangkat hingga kembali pulang. Nelayan kebanyakan berada di titik zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia untuk menangkap ikan.

"Kehadiran dari Bakamla, KRI, KPP, dan KPLP memberikan kenyamanan bagi nelayan untuk kembali mencari ikan di ZEEI," ujar Dedek.

Dedek merupakan nelayan Natuna yang merekam kegiatan kapal nelayan dan Coast Guard Tiongkok melakukan kegiatan penangkapan ikan di ZEEI.

Jumlah nelayan di Natuna sendiri berjumlah 6.000 nelayan. Yang menjadikan profesi nelayan sebagai pilihan utama mata pencarian warga sekitar.

"Harapannya tentu akan bisa seperti ini sehingga mata pencarian dari nelayan tidak terganggu. Semoga ini bisa berlanjut," Ungkapnya. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More