Sabtu 11 Januari 2020, 13:54 WIB

PLN Jamin Pasokan Listrik Untuk Perhelatan MotoGP 2021

Yusuf Riaman | Nusantara
PLN Jamin Pasokan Listrik Untuk Perhelatan MotoGP 2021

Antara
Proyek pembangunan Mandalika "Street Circuit" di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB,

 

PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menjamin ketersedian pasokan listrik untuk event MotoGP yang nanti akan berlangsung pada 2021.

"Kedatangan kami kemari adalah untuk memastikan pasokan listrik aman, tidak hanya cukup tapi handal," kata Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo kepada wartawan usai berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB Jumat (10/1) sore

Dalam kunjungan ke KEK Mandalika, Darmawan didampingi General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka, General Manager Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, dan Yuyun Mimbar Saputra. Rombongan juga berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Lombok Peaker, Ampenan, dan pembangkit listrik di Jeranjang, Lombok Barat.

Darmawan menjelaskan, MotorGP akan berlangsung sekitar Oktober 2021, tetapi pasokan listrik akan disiapkan jauh sebelumnya yakni pada tahun ini juga. Dikatakannya, permintaan listrik MotoGP sekitar 5,1 MW. Sedangkan saat ini sudah ada 30 Mega Watt yang berbasis pada tenaga hidro, yang akan difokuskan untuk mendukung kegiatan pelaksanaan MotoGP.

Terhadap infrastruktur jaringan dalam kawasan Mandalika saat ini dalam proses pembangunan. Dia menjelaskan kebutuhan listrik Lombok 250 MW, sementara daya mampu pasokan sebesar 290 MW, belum lagi ada 60 MW Lombok Peaker yang saat ini sudah mulai operasional. Berarti kemampuan yang akan terpasang lebih dari 350 MW.

baca juga:

Darmawan pada kesempatan Longsor di Tasikmalaya Rusak Rumah dan Persawahantersebut juga menyebutkan tentang adanya beberapa pembangkit yang berbasis gas tetapi secara terpaksa menggunakan BBM karena gas belum ada. Nanti sebutnya, akan diupayakan agar tidak lagi menggunakan BBM melainkan mendapatkan suplai gas.

"Ini langkah-langkah kita lakukan selama setahun mendatang," ujar Darmawan. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More