Sabtu 11 Januari 2020, 13:48 WIB

Longsor di Tasikmalaya Rusak Rumah dan Persawahan

Kristiadi | Nusantara
Longsor di Tasikmalaya Rusak Rumah dan Persawahan

MI/Kristiadi
Bangunan perpustakaan sekolah SMK Bina Bangsa Kabupaten Tasikmalaya roboh akibat hujan deras

 

HUJAN deras membawa material longsor di Kabupaten Tasikmalaya menyebabkan beberapa tebing menimpa rumah. Longsor juga menimbun jalan hingga merusak areal persawahan yang berlokasi di lima perkampungan. Kejadian longsor pada Jumat (10/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Wawan Ridwan Effendy mengatakan, hujan menyebabkan tebing longsor menimbun ruas jalan di Kampung Bakomgirang, Neglasari, Parakan Panjang, Desakolot, Babakanhaur, dan Legok Gintung, Desa Cikubang, Kecamatan Taraju.

"Longsoran menimbun jalan, persawahan dan rumah penduduk dengan panjang 8, 15 meter, lebar 6 meter dan ketebalan tanah 2 meter. Atas kejadian itu, mengakibatkan bangunan rumah milik Jono Mardianto 56, rusak sedang. Sedangkan rumah rusak ringan milik Ai Resti, 35, Titin, 43, Soleh, 58, dan Susi Sulawati, 31. Sedangkan areal persawahan di tujuh lokasi rusak berat," kata Wawan, Sabtu (11/1).

Hujan deras juga menyebabkan bangunan perpustakaan sekolah SMK Bina Bangsa di Kampung Singkup RT 04, Desa Barumekar, Kecamatan Parungponteng roboh pada pukul 02.00 dini hari.

baca juga: Bom Dalam Tas Meledak Lukai Seorang Warga Bengkulu

"Bangunan perpustakaan tidak kuat menahan curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan roboh. Puing-puing bangunan telah dibersihkan oleh TNI, Polri, BPBD dan warga setempat," tambahnya.

Hujan juga memicu pergerakan tanah di Kecamatan Puspahiang dan Salawu. Sebanyak 40 unit rumah rusak dihantam longsor. (OL-3)

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Pemprov Aceh Gratiskan Pemeriksaan Rapid dan PCR Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 11:46 WIB
"Kami akan umumkan kepada masyarakat mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaannya. Insya Allah, hari Selasa (2/6)...
MI/Hijrah  Ibrahim

5 Kabupaten di Maluku Utara Siap Terapkan New Normal

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 31 Mei 2020, 11:45 WIB
Memiliki kasus rendah covid-19, Pemprov Maluku Utara mengusulkan 5 kabupaten ke pemerintah pusat untuk menerapkan new...
Dok: BNPB

Wakil Wali Kota Surabaya Usul Beli Mobil Lab PCR

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:10 WIB
"Nanti saya usulkan ke Bu Wali Kota (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) untuk beli sendiri. Kita bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya