Sabtu 11 Januari 2020, 13:43 WIB

Antisipasi Banjir, Transjakarta Siapkan Pengalihan Rute

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Antisipasi Banjir, Transjakarta Siapkan Pengalihan Rute

DOK.MI
Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Jakarta, PT Transjakarta menyiapkan armada bus yang siap menghadang banjir.

 

UNTUK mengantisipasi terjadinya banjir di Jakarta, PT Transjakarta menyiapkan armada bus yang siap menghadang banjir. Penempatan dan perubahan posisi bus armada Transjakarta pada depo terdekat, juga dilakukan di lokasi armada low entry yang rentan banjir.

"Pemilihan armada-armada tangguh yang masih mampu menerjang banjir pada ketinggian tertentu dilokasikan pada rute yang kemungkinan akan ada genanganya," tutur Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (11/1).

Semua bus yang terkena banjir pada awal tahun lalu, kata Nadia, sudah selesai dilakukan perawatan. Selain armada dan rute, hal penting lain ialah mempersiapkan genset dan penambahan shelter untuk berteduh pada lokasi bus stop tertentu.

Pihak PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menyiapkan pengalihan rute. Cuaca ekstrem yang menyebabkan tingginya curah hujan di Jakarta menjadikan alasan adanya pengalihan rute tersebut.

"Pengalihan rute koridorini akan dilakukan menggunakan berbagai model, di antaranya rute poros, rute pengalihan terdekat, rute perpendekan dan perpanjangan, rute mix koridor dan mix armada," terang Nadia.

baca juga: Penyidik Periksa 10 Saksi Terkait Runtuhnya Gedung di Slipi

Tidak hanya itu Transjakarta juga menyiapkan petugas piket hingga petugas pelayanan dan petugas pengamanan jalur. Termasuk menyiapkan lampu emergency, obat obatan, titik posko terdekat yang disiapkan oleh BPBD, nomor telepon bantuan bencana, tim medis dan Transcare untuk penumpang berkebutuhan khusus. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More