Sabtu 11 Januari 2020, 00:40 WIB

Fajar/Rian Kubur Mimpi Marcus/Kevin

Akmal Fauzi | Olahraga
Fajar/Rian Kubur Mimpi Marcus/Kevin

ANTARA FOTO/Nafielah - Humas PP PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Mimpi untuk bisa mendapatkan awal tahun yang baik terpaksa dikubur dalam-dalam oleh pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Saat menjalani turnamen perdana tahun ini di ­Malaysia Masters 2020, Marcus/Kevin malah ­tersingkir di perempat final yang berlangsung kemarin.

Pahitnya lagi, mereka ditumbangkan kompatriot mereka, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Walau bisa menyamakan kedudukan setelah sempat kalah di gim pertama, Marcus/Kevin yang berstatus unggulan utama di Malaysia harus mengakui keunggulan Fajar/Rian di laga yang berakhir dengan skor 19-21, 21-17, dan 21-23 itu.

Kekalahan tersebut juga membuat pasangan berjuluk Minions itu tidak bisa mewujudkan cita-cita untuk mempertahankan gelar juara yang didapat tahun lalu. Sejauh ini, Marcus/Kevin sudah dua kali juara di negeri jiran. Pertama kali pada 2016.

Adapun bagi Fajar/Rian, hasil yang didapat kemarin membuat peluang mereka untuk meraih gelar juara kembali menjadi besar. Seandainya mampu merebut medali emas, itu akan menjadi gelar juara kedua bagi Fajar/Rian di Malaysia Masters setelah 2018.

Selain Fajar/Rian yang diharapkan bisa memasuki babak terakhir, Indonesia masih memiliki satu wakil tersisa di ganda putra, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Unggulan kedua di Malaysia itu juga memasuki semifinal setelah menang 20-22, 21-18, dan 21-19 dari pasangan asal Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin. “Kami siap untuk besok (hari ini), istirahat, yang penting bisa mengeluarkan kemampuan,” tutur Ahsan soal laga semifinal.

Indonesia juga masih bisa berharap adanya gelar juara dari nomor ganda putri dan campuran. Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang turun di nomor ganda putri, mengalahkan pasangan asal Korea Selatan Chang Ye-na/Kim Hye-rin dengan skor 21-19 dan 21-19.

Kemudian di nomor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil mengamankan tempat di semifinal setelah mereka mengalahkan wakil Taiwan Lee Yang/Yang Ching Tun dengan skor 21-19 dan 22-20.

Terhenti

Jonatan Christie menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor tunggal yang mampu bertahan hingga perempat final. Sayangnya, langkahnya terhenti karena kemarin tidak bisa mengusir pemain Hong Kong Ng Ka Long Angus dari Malaysia. Jonatan yang jadi unggulan keenam, takluk 21-15, 12-21, dari 18-21 lawannya itu.

Jonatan mengaku kecewa dengan hasil yang didapat di turnamen level Super 500 itu. Apalagi, dirinya merasa punya kans yang cukup besar untuk masuk ke babak empat besar.

“Sebetulnya ada kans masuk semifinal. Tadi itu bisa dibilang saya kurang fokus untuk menentukan stroke di poin-poin penting,” tutur Jonatan mengevaluasi penampilannya.

“Di akhir gim ketiga, saya enggak bisa cepat ambil keputusan untuk main apa. Saya sudah tahu harus unggul di bola depan, tapi beberapa kali maunya dorong bola terus, padahal kalau penempatan bola biasa, kemungkinan lawan out,” jelas Jonatan. (BadmintonIndonesia/R-3)

Baca Juga

AFP/Clive Mason

Murray Nilai Hamilton Pantas Dapat Gelar Bangsawan Inggris

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 25 November 2020, 12:49 WIB
Lewis Hamilton akan dianugerahi gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II sebagai bentuk pengakuan atas capaian yang telah...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Murray Dukung Program Wajib Vaksin untuk Turnamen Tenis

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 25 November 2020, 11:50 WIB
Sebelumnya, petenis nomor satu dunia Novak Djokovic menyebutkan dirinya tidak tertarik mendapatkan...
kemenpora.go.id

Menpora Optimistis Sirkuit Mandalika Gelar Seri MotoGP 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 25 November 2020, 11:11 WIB
Ia berharap Dorna akan puas dengan hasilnya sehingga MotoGP yang telah dinantikan masyarakat diharapkan bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya