Jumat 10 Januari 2020, 21:25 WIB

Piala Presiden Esports 2020 Masuki Babak Final Kualifikasi

mediaindonesia.com | Olahraga
Piala Presiden Esports 2020 Masuki Babak Final Kualifikasi

Dok. Piala Presiden Esports 2020
Giring Ganesha (kanan), Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020

KEJUARAAN esports kasta tertinggi di Indonesia, Piala Presiden Esports 2020, kembali bergulir dan siap memasuki tahapan Final Kualifikasi yang terbagi untuk dua wilayah, yaitu untuk Regional Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Final Kualifikasi untuk Regional Indonesia Timur akan diselenggarakan selama dua hari di Surabaya, Jawa Timur, yaitu di Grand Atrium Pakuwon Mall, 11 dan 12 Januari 2020.

Final Kualifikasi Regional ini merupakan lanjutan tahapan Piala Presiden Esports 2020 yang resmi dimulai sejak Kick Off pada 13 Oktober 2019 yang lalu. Secara keseluruhan, tercatat tidak kurang dari 177.098 pemain telah mendaftar dan mengikuti kualifikasi awal yang diselenggarakan secara online. Selain atlet-atlet dan tim esports Indonesia, turnamen olahraga elektronik ini diikuti oleh atlet-atlet dan tim esports dari Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha, mengatakan Final Kualifikasi Regional di Surabaya akan menyaring tim dan atlet-atlet esports dari wilayah Indonesia Timur yang berhasil lolos dari tahap kualifikasi online. Mereka yang akan bertanding terdiri dari 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 32 pemain di game Mobile Premiere League (MPL). Nantinya para masing-masing pemenang dari tahapan ini akan melaju ke tahap akhir yaitu Final Nasional Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta pada 1-2 Februari mendatang.

"Kami melihat gairah dan potensi esports di Indonesia semakin luar biasa, bahkan berkembang hingga ke berbagai daerah di Indonesia Timur. Oleh karena itu, dalam Final Kualifikasi di Surabaya ini, kami yakin akan muncul pemain dan tim esports dari Indonesia Timur yang mampu bersaing di tingkat nasional melawan tim-tim esports mancanegara," tutur Giring Ganesha yang juga menjabat CEO Indonesia Esports Premiere League (IESPL) dalam jumpa pers di Pakuwon Mall, Surabaya, Jumat (10/1).

Giring menjelaskan penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 yang memasuki tahun kedua ini merupakan kolaborasi IESPL sebagai mitra Pemerintah Indonesia melalui Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Giring menekankan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 merupakan inisiatif untuk memajukan dan mengembangkan esports agar membawa dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek. Tidak hanya mengharumkan nama bangsa lewat prestasi atletnya, namun kedepan dapat mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata. Oleh karena itu penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa slogan #EsportsUntukNegeri.

"Ini juga yang menjadi visi kami meningkatkan level turnamen Piala Presiden Esports dari sebelumnya level nasional, menjadi regional Asia Tenggara dengan melibatkan negara-negara tetangga. Harapannya atlet esports kita semakin kompetitif sekaligus di saat yang bersamaan bisa memberi dampak secara ekonomi kreatif dan ikut mendorong bertumbuhnya sport tourism," tutur Giring. (RO/R-2)

Baca Juga

Damien MEYER / AFP

Rp813 Miliar untuk Boyong Icardi

👤Mirror/R-3 🕔Minggu 31 Mei 2020, 03:35 WIB
Seperti dilansir Sky Sports, Icardi ingin diboyong dari Inter Milan dengan harga 50 juta euro atau sekitar Rp813...
Antara/Hendra Novriansyah

KONI Bali Tunda Porprov 2021

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 31 Mei 2020, 02:25 WIB
Penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2021 dilakukan karena wabah virus korona belum sepenuhnya...
AFP/Abbie Parr/Getty Images

Gauff Angkat Bicara Soal Pembunuhan George Floyd

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 14:00 WIB
Gauff yang berusia 16 tahun mengunggah video Tiktok di akun Instagramnya menampilkan dirinya mengenakan hoodie hitam foto warga kulit hitam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya