Jumat 10 Januari 2020, 20:31 WIB

Jadi Pejabat Bank Dunia, Mari Elka Dinilai Sosok Ekonom Tangguh

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Jadi Pejabat Bank Dunia, Mari Elka Dinilai Sosok Ekonom Tangguh

Antara/Fikri Yusuf
Mari Elka Pangestu

 

SOSOK Mari Elka Pangestu dinilai sebagai seorang ekonom tangguh dan amat memahami permasalahan ekonomi internasional. Hal itu diungkapkan Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri, Chatib Basri kepada Media Indonesia, Jumat (10/1).

"Saya mengenal Mari Pangestu cukup lama. Dimulai dari ketika saya menjadi mahasiswanya di FEUI. Minat saya dalam bidang International trade dan international finance sedikit banyak terpengaruh oleh Mari Pangestu," tutur Chatib.

Chatib yang juga sempat kerja bersama dengan Mari di Kabinet era pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono itu menilai Mari juga memiliki minat dan pengalaman luas terkait isu pembangunan.

Kala menjadi menteri, Chatib menilai Mari merupakan sosok yang andal dalam mengeksekusi kebijakan.

"Saya ingat bagaimana ia harus mengatasi gejolak harga pangan, atau juga bagaimana ia mencoba menggerakkan ekonomi kreatif," jelas Chatib.

Baca juga : Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka: Terima Kasih

Menurutnya, posisi di Bank Dunia yang diamanatkan pada Mari bukan lah hal baru bagi mantan menteri perdagangan periode 2004-2011 itu. Terlebih, Mari dikenal memiliki hubungan dan jejaring kerja yang cukup luas.

"Saya sering bersama Mari di forum internasional dan menyaksikan bagaimana kemampuannya dalam forum-forum internasional. Ini tentu sesuatu hal yang amat penting dalam tugasnya di Bank Dunia nanti," kata Chatib.

Lebih lanjut, penunjukkan Mari sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia merupakan kebanggaan bagi Indonesia.

Selain itu, Indonesia dinilai akan mendapatkan manfaat dari posisi yang akan diisi oleh Mari.

"Mari Pangestu tentu sangat mengerti masalah Indonesia sehingga kepentingan negara berkembang termasuk Indonesia bisa diperjuangkan dan disuarakan," imbuhnya.

"Dalam kapasitas pribadi, sebagai bekas mahasiswanya dan juga rekan kerja dalam Kabinet lalu, ini adalah sebuah kebanggaan," pungkas Chatib.

Sebelumnya Presiden Grup Bank Dunia David Malpass menunjuk Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia. Mari akan menjabat efektif mulai 1 Maret 2020. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More